Oleh: hurahura | 26 April 2010

Tulisan Kuno di Indonesia

Selain beraksara Dewanagari, Pallawa, dan Sansekerta, di Indonesia banyak ditemukan prasasti dan naskah berbahasa Jawa (kuno), Sunda (kuno), dan Bali (kuno). Sayangnya ahli yang mampu membaca tulisan-tulisan kuno ini masih sangat sedikit. Umumnya mereka yang ahli sudah berusia tua.

Ilmu membaca tulisan kuno memang bukanlah hal yang glamor. Tidak heran, generasi muda kita enggan mempelajari ilmu ini. Yang justru tertarik adalah bangsa-bangsa asing. Maka jangan ngedumel nantinya kalau anak cucu kita ingin belajar aksara-aksara kuno itu harus pergi ke mancanegara.

Mudah-mudahan ada generasi muda kita yang tertarik dengan ilmu ini. Sebagai awal, mungkin gambar-gambar di bawah ini bisa menjadi acuan.


Berbagai Aksara Kuno



Jawa Kuno




Bali Kuno



Sunda Kuno


Contoh-contoh prasasti:

Prasasti Gondosuli

Prasasti Cikapundung

About these ads

Responses

  1. dang toto i ces

  2. cukup baik …. tapi sebaiknya ada FOTOnya juga – karena aksara yang ditampilkan di sini kan dalam BENTUK YANG PRIMA … sementara AKSARA yang dipahatkan pada PRASASTI ASLINYA kerap sungguh jauh berbeda terutama yang digoreskan pada media bahan batu.

  3. askumz saya mahasiswa universitas jember dan berminat bgt dengan tulisan ini bisa dikirimkan kn k email saya pak?

    • Terima kasih atas perhatian Anda. Menurut saya lebih praktis dicopy paste ke Ms Word…kalau lewat email, foto harus dikirim satu per satu…

  4. selain gambar2 yang ada disini..masih ada lg?sy tertarik mempelajarinya..kalau ada kirimi ke saya..^^

    • Umumnya prasasti ditulis dalam aksara/bahasa Jawa kuno, Sunda kuno, Bali kuno, dan Melayu kuno…pelajari dulu yang ini…untuk masa yang lebih muda ada aksara Batak, Lampung, Bugis, dsb…

  5. mohon ijin copy paste bang…makasih sebelumnya…

  6. om, belajar huruf seperti ini berapa lama hingga mahir baca tulis ? thanks info-nya ya :)

  7. yang masih saya bingung kalau tulisannya menggunakan tulisan aksara bahasa yang dipakai zaman dulu itu bahasa daerah atau bahasa indonesia ? tolong pencerahannya :) makasih.

    • Belajar aksara kuno tergantung kita sendiri, masalahnya ada bbrp hal yang perlu dipahami, dan yang penting penafsiran. Skrg bahasa kuno sudah termasuk bahasa mati (tidak digunakan lagi). Aksara kita umumnya pengaruh India, misalnya bahasa Sansekerta yang menurun pada Jawa kuno.

      • apakah benar aksara kita di pengaruhi India, bukannya kita ini dulu adalah satu kesatuan hingga Madagaskar? Jika memang Aksara kita adalah pengaruh India, apakah sebelumnya kita punya aksara yang murni dari Melayu atau Jawa itu sendiri? waah… sepertinya rumit ya? dan memang kita dituntut harus benar benar menggali sejarah asal usul bangsa kita untuk mengetahuinya….

      • apakah benar aksara kita di pengaruhi India, bukannya kita ini dulu adalah satu kesatuan hingga Madagaskar? Jika memang Aksara kita adalah pengaruh India, apakah sebelumnya kita punya aksara yang murni dari Melayu atau Jawa itu sendiri? waah… sepertinya rumit ya? dan memang kita dituntut harus benar benar menggali sejarah asal usul bangsa kita untuk mengetahuinya….

  8. wah manfaat bgt nih..,jadi makin suka ama budaya nusantara.., mas sya bngung buat bikin kata “ker” atau “per” misalnya “pergi”.
    nah untuk per nya itu apakah huruf pa di kasih “pepet” lalu ditambah lagi “layar”..? atau huruf pa di tambah “pepet” dan huruf ra yang di tambah “paten”..? mohon bantuannya mas.., terima kasih sebelumnya..,

    • Saya sedang minta komentar dari ahli epigrafi

  9. Pak Jo…aksara Jawa Kawi awal kirq-kira berkembang pada abad berapa? Di Lumajang banyak ditemukan prasasti yang ditulis dalam aksara tsb…tulisannya dangat banyak membantu saya…terima kasih pak Jo

  10. Saya Bingung Membaca Huruf Jawa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.656 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: