Oleh: hurahura | 16 November 2012

Reruntuhan Blambangan Diteliti

KOMPAS, Sabtu, 10 November 2012 – Tim arkeolog Universitas Gadjah Mada mulai Kamis (8/11) meneliti situs bekas Kerajaan Blambangan di Desa Macan Putih, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Situs Kerajaan Blambangan yang terpendam itu bisa memberi gambaran kondisi peradaban kota Hindu yang masih misteri.

Penelitian melanjutkan misi tahun 2010. ”Saat itu, kami menemukan uang kepeng, pecahan terakota, keramik, dan susunan batu bata yang mungkin bagian kecil dari bangunan perkotaan masa lalu,” kata pemimpin penelitian, Sri Margana, yang juga sejarawan UGM, kemarin.

Desa Macan Putih diperkirakan ibu kota kerajaan Hindu terakhir di Jawa, yakni Blambangan (1655-1691). Pada litograf dari Engelhard, yakni ”de kuil van Matjan Poetih” tahun 1802 dan lukisan Asisten Residen Banyuwangi tahun 1850, temuan sisa Kerajaan Blambangan digambarkan berupa ornamen barong di hutan dan reruntuhan bangunan dari batu bata.

”Ornamen itu hilang, mungkin terkubur abu vulkanik Gunung Raung, mungkin juga rusak karena pengeboman saat perang kemerdekaan,” kata Margana.


Misteri kota Hindu

Penelitian situs Blambangan penting karena jadi referensi baru kota Hindu. Model kota Hindu ditemukan di Trowulan, Jatim: pusat peradaban Majapahit. Oleh karena rusak, peneliti tak dapat informasi lengkap tentang model pengaturan dan lanskap kota.

Hari pertama survei, peneliti hanya menemukan pecahan batu bata, keramik, dan gerabah di kebun. Salah satu warga, Agus Hanafi, menemukan benda antik koin cina dan batu bata.

Arkeolog UGM Inajati Adrisijanti mengatakan, artefak dan sisa bangunan bisa jadi bagian keraton Blambangan. ”Perekatnya tak pakai semen, hanya digosok. Warnanya merah merata dan kuat karena pembakaran sempurna. Batu bata sekarang rapuh karena pembakaran tak sempurna. Ini mungkin bagian bangunan kuno,” kata dia. (NIT)

Iklan

Responses

  1. terus di kaji keberadaan kerajaan Belambangan. mudah-mudahan terkuak kerajaan belambangan yang mashur


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori