Oleh: hurahura | 13 November 2010

Cina Kecam Lelang Barang Antik

Patung perunggu Tikus dan Kelinci, patung antik yang menurut Cina dicuri dari Istana Musim Panas

Cina mengecam kegiatan yang disebutnya lelang ilegal dua artefak perunggu yang diambil dari Istana Cina 150 tahun lalu.

Pemerintah Cina juga memperingatkan rumah lelang Christie, pelaku lelang di Paris itu, akan menerima konsekuensi dari kegiatan itu.

Pernyataan keras tersebut menyebut Cina tidak mengakui penjualan patung perunggu tikus dan kelinci seharga £28 juta itu.

Kedua barang ini dijual sebagai bagian dari warisan disainer Yves Saint Laurent, yang sebelumnya diminta Cina untuk dihentikan.

“Badan Negara Warisan Budaya dengan keras menolak dan mengecam seluruh lelang artefak yang dibawa ke luar negeri secara ilegal.


Konsekuensi

“Christie harus bertanggungjawab atas konsekuensi yang timbul akibat lelang ini,” tulis pernyataan badan yang dimuat di situs internetnya.

Badan Warisan Budaya mengatakan pihaknya telah “menekan agar barang bersejarah dari Istana Musim Panas itu dikembalikan”.

“Namun Christie tetap pada pendiriannya dan berkeras melelang barang bersejarah yang dijarah dari Istana Musim Panas dan ini melanggar traktat dan konsensus internasional mengenai pengembalian barang bersejarah ke negara asal,” tulis pernyataannya itu.

“Badan Negara Warisan Budaya tidak mengakui pemilik gelap barang jarahan dan akan terus mempergunakan jalan yang ada untuk mendapatkan kembali seluruh barang bersejarah yang dicuri dan diekspor secara gelap selama ini”.

Badan Warisan Budaya mengatakan lelang ini akan menyebabkan aksi balas dendam karena “telah melukai hak budaya dan perasaan bangsa warga Cina”.

“Langkah ini akan berdampak serius terhadap perkembangannya di Cina,” tulis pernyataan koran partai komunis.

Sementara itu, pendapat di situs Cina tidak hanya menyalahkan Christie tetapi juga Perancis, di saat hubungan kedua negara dalam keadaan panas setelah presiden Perancis Nicolas Sarkozy bertemu dengan pemimpin Tibet Dalai Lama tahun lalu.

Satu pengadilan Paris menolak banding Cina agar lelang itu dihentikan.

Sebagian besar hasi penjualan itu akan disumbangkan kepada yayasan penelitian AIDS. (bbcindonesia.com)

Iklan

Responses

  1. Saya Mempunyai Banyak Koleksi Barang Antik Dan Bertuah Milik Pribadi Seperti Zafir Celon Asli,Zamrud,Cat Eye,Aksesoris Yang Terbuat Dari Giok Asli,Anti Bacok Anti Racun Dan Masih Banyak Lagi,Anda Bisa Melihat Foto Koleksi Sebagian Barang Saya Di http://antikkaltim.blogspot.com Atau Yang Berminat Silahkan Hubungi 081235695778 atau 05485151337

  2. posting bagus menambah pengetahuan. trim sdah berbagi

  3. Pemerintah cina sah-sah saja apabila tidak terima dengan penjualan barang barang warisan budaya masa lalunya namun seharusnya diimbangi dengan konsekuensi yang mesti dilakukan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap barang budaya tersebut manakala sudah dimiliki oleh pihak lain terlebih perseorangan dengan nilai yang lebih dari pantas. apabila hal tersebut tidak dapat dilakukan maka tidak perlu mengecam apabila perdagangan seperti itu tetap berjalan. satu hal yang pasti apabila sudah dimiliki pihak lain dalam hal ini personal sangat tidak pantas kalau hanya dengan mudah memintanya untuk dikembalikan. semua ada konsekuensi dan harga. apakah mereka memilikinya dengan gratis, tentunya hal itu menjadi suatu pertanyaan bijak……….

  4. saya kurang setuju. apakah harus membeli barang kita yang telah dicuri dan dirampok. tentu tidak khan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori