Oleh: hurahura | 2 Agustus 2010

Keraton Yogyakarta Digitalisasi Naskah Manuskrip Jawa

YOGYAKARTA–MI:Keraton Yogyakarta mendigitalisasikan naskah manuskrip Jawa agar masyarakat luas bisa mengaksesnya dengan leluasa. Untuk merealiasikannya, pihak keraton menggandeng Universitas Leipzig, Jerman.

Nota kesepahaman mengenai kegiatan digitalisasi naskah manuskrip Jawa milik Keraton Yogyakarta itu ditandatangi Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Direktur Institute Studi Oriental Universitas Leipzig Eckehard Schulz, Senin (21/6), di Gedhong Jene, Komplek Keraton Yogyakarta.

Acara itu dihadiri Duta Besar Khusus untuk Dialog Antarbudaya Heidrun Tempel, Duta Besar Indonesia untuk Jerman Eddy Pratomo, kerabat Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo Joyokusumo, dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Amin Abdullah.

“Sesudah ada digitalisasi ini, masyarakat yang ingin mengakses manuskrip Jawa milik keraton tidak usah membuka naskah aslinya yang berisiko mengalami kerusakan,” kata Sri sultan yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ia berharap, digitalisasi manuskrip Jawa juga didukung dengan manajemen sekuriti yang bagus. Namun demikian, pihak keraton juga akan menjalin kerja sama dengan Lembaga Sandi Negara RI untuk menjamin agar manuskrip Jawa yang didigitalisasi itu benar-benar aman. (SO/OL-01)

(mediaindonesia.com)


Responses

  1. saya sangat setuju sekali. karena dengan rencana digitalisasi berarti akan mempermudah akses para peneliti yang ingin meneliti manuskrip Jawa terutama milik keraton. dan kalo bisa hasil digitalisasi di uplowd di internet agar dapat dilihat, dibaca bahkan diteliti . makasih

  2. Reblogged this on yoedhawirathama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori