Oleh: hurahura | 8 Februari 2013

Setelah Richard III, Arkeolog Inggris Buru Tulang Alfred Agung

republika.co.id, Rabu, 6 Februari 2013 – Setelah menemukan kerangka Richard III di bawah tempat parkir di Leicester, arkeolog Inggris memburu lokasi kerangka raja Inggris yang hilang lainnya, Alfred Agung.

Jenazah Alfred diyakini terbaring di sebuah makam tanpa tanda di Winchester. Tim dikabarkan mengajukan izin untuk menggali di Gereja St Bartholomew. Diperkirakan kerangka Alfred dapat ditemukan di antara koleksi tulang di tempat tersebut.

Pekerjaan tersebut diperkirakan akan lebih sulit daripada analisis Richard III. Ini karena mencari kerabat untuk menemukan sampel DNA harus dilihat dari silsilah keluarga yang jauh lebih tua.

“Sejauh yang kami lihat ada lima tengkorak ditambah tulang lainnya. Bagian yang paling sederhana adalah menentukan usia, jenis kelamin, dan menyusun tulangnya kembali, ” seorang arkeolog dari Universitas Winchester, katie Tucker seperti dikutip The Telegraph, Selasa (5/2).

Meski demikian, Katie mengatakan mereka memiliki masalah untuk menemukan sampel tes DNA. “Sulit melacak keturunan yang masih hidup,” ungkapnya.

Afred Agung, raja Anglo-Saxon yang memerintah 871-899 dikenal karena reformasi sosial dan pendidikan serta keberhasilan militernya melawan Denmark. Rev Canon Cliff Banniester, Rektor St Bartholomew dan para arkeolog yang terlibat dalam proyek tersebut percaya mereka memiliki bukti sisa-sisa tulang Alfred.

Tim pertama akan menentukan penanggalan tulang dan mencari kerabat hidup untuk mengkonfirmasi tanggal tersebut. Orang yang dimakamkan di biara itu adalah bangsawan dan biarawan. Namun, biarawan hanya dikuburkan dari abad ke-12.

Karena itu, jika tulang berasal dari abad ke-10, maka kemungkinan milik bangsawan. “Jika itu adalah Alfred maka akan jadi temuan besar,” ungkap Rev Bannister.

Reporter : Nur Aini
Redaktur : Dewi Mardiani

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori