Oleh: hurahura | 6 Maret 2017

Candi Klodangan Berada di Persawahan Penduduk

klodangan-03Bagian fondasi Candi Klodangan. Bagian-bagian lain belum ditemukan, sehingga belum bisa direkonstruksi (Foto-foto: Maria Tri Widayati)

Nama candi ini terdengar aneh, Klodangan. Entah siapa yang memberi nama itu. Candi Klodangan terletak di Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DIY.

Semula candi ini terpendam di dalam tanah. Secara tidak disengaja Candi Klodangan ditemukan kembali pada 1998.  Sebagai upaya penyelamatan, Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala (sekarang Balai Pelestarian Cagar Budaya) DIY melakukan ekskavasi penyelamatan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 20-29 Juli 1998 dan tahap kedua pada 14-19 Februari 2000.

Diperkirakan Candi Klodangan berasal dari abad IX – X Masehi. Candi Klodangan dibangun menggunakan bahan batu putih (tuff) dengan denah 7,5 meter x 7,5 meter berada pada 1,2 meter di bawah permukaan tanah sekarang. Bentuk keseluruhan situs belum diketahui karena sebagian besar batuan pembentuk struktur candi telah hilang atau hancur.

klodangan-01

Papan nama Candi Klodangan

Beberapa bagian pondasi candi memang berhasil ditemukan, kecuali bagian kaki, tubuh, atap, dan puncak candi. Struktur pondasi kelihatannya memang masih asli dan insitu.

Lokasi situs berada di persawahan. Di sisi timur berhimpitan dengan rumah penduduk. Untuk menuju ke lokasi situs, kita harus melewati pematang sawah yang cukup sempit. Situs ini berada di dalam pagar yang kondisinya selalu terkunci. Secara keseluruhan sangat terawat, terlihat dari area situs yang bersih dan dilengkapi taman. (Diolah dari papan informasi Candi Klodangan)

Iklan

Responses

  1. Jadi ingin berkunjung ke sana…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: