Oleh: hurahura | 20 Desember 2012

Seminar Kajian Tata Pamer Museum Sejarah Jakarta

Kaji-2Para pembicara seminar sesi pertama

Museum Sejarah Jakarta yang populer disebut Museum Fatahillah sedang direvitalisasi. Direncanakan nantinya museum ini memiliki tata pamer yang atraktif, edukatif, dan rekreatif. Untuk itulah pada 20 Desember 2012 diselenggarakan Seminar Kajian Tata Pamer Museum Sejarah Jakarta. Seminar ini dihadiri sekitar 100 arkeolog, sejarawan, arsitek, pemerhati museum, praktisi teknologi informasi, dan komunitas.

Seminar terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama berbicara Hasan Djafar (pensiunan dosen Jurusan Arkeologi UI), Dirman Surachmat (pensiunan Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta), Alwi Shahab (wartawan senior), Hubertus Sadirin (konservator), dan Boy (dosen Jurusan Arsitektur UI). Pada sesi kedua berbicara Agi Ginanjar (dosen Jurusan Arkeologi UI), David Kwa (sejarawan), Andi Setiono (kurator museum), serta Tedi Setiawan dan Hari Purnomo (keduanya praktisi teknologi informasi).

Berbagai masukan disampaikan oleh sejumlah peserta. Misalnya tentang kondisi bangunan yang pada dasarnya tidak didesain sebagai ruang pamer museum, objek-objek yang akan ditampilkan apakah dari masa kolonial atau digabung dengan masa-masa lainnya, dan menampilkan koleksi masterpiece sebagai ikon museum. Bahkan yang paling vital adalah adanya perpustakaan dan toko cenderamata. Kedua hal itu diperlukan untuk menambah wawasan pengunjung dan memberi kesan museum dengan adanya oleh-oleh.

Ada juga yang mengusulkan agar Meriam Si Jagur, yang sekarang diletakkan di bagian belakang museum, dipindahkan ke luar. Meriam ini memang amat dikenal dengan mistisnya. Dulu orang yang belum beroleh keturunan, sering menaiki atau mengusap-usap meriam ini. Ditambah taburan bunga di sekitar meriam, jadilah Si Jagur populer di sekitar Jakarta.

Kaji-4

Kaji-3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori