Oleh: hurahura | 7 Agustus 2010

Tatar Sunda : Di Manakah Bangunan Kokoh Pertama di Tatar Sunda

KOMPAS Jawa Barat – Rabu, 4 Agustus 2010 – Kantor Bank Indonesia Bandung di Jalan Braga merupakan bangunan paling kokoh pertama di Kota Bandung. Gedung bekas kantor cabang De Javasche Bank ini merupakan bangunan pertama yang menggunakan konstruksi beton bertulang.

Bank ini dirancang di atas lahan seluas 1,46 hektar. Pembangunan gedung memakan waktu sekitar tiga tahun, dipimpin oleh Edward Cuypers dari biro arsitek Hulswit, Fermont, and Cuypers. Bank megah bergaya neo-klasik ini mulai beroperasi pada 5 Mei 1918.

Gedung ini dikenal anggun dengan detail ornamen tetumbuhan bergaya Renaisans. Sejumlah ornamen di bagian atap juga mengingatkan pada ragam pahatan candi Hindu. Kaca patri berwarna-warni menghiasi pintu masuk utama.

Sebuah menara setinggi sekitar 6 meter pada bagian atap menjadi daya tarik gedung ini. Dahulu, menara yang menyerupai cerobong ini merupakan ventilasi udara sekaligus dan penerang alami bagi ruang utama di bawahnya. Sesuai fungsinya sebagai bank, gedung ini juga dilengkapi ruang bawah tanah untuk tempat penyimpanan emas. Pada zaman dulu, emas merupakan ukuran kejayaan dan kemakmuran sebuah negara. Ruangan yang disebut “khazanah” ini masih dipergunakan untuk menyimpan uang.

Pembangunan bank ini tidak terlepas dari rencana pemindahan ibu kota Hindia Belanda ke Kota Bandung pada awal tahun 1900-an. Terkait perang boer di Afrika Selatan, Belanda mengkhawatirkan serangan Inggris di Batavia sehingga berniat mengamankan pusat pemerintahan. Pada tahun 1951, gedung ini diambil alih pemerintah Indonesia dan difungsikan sebagai Kantor Bank Indonesia Bandung.(NDW/LITBANG KOMPAS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: