Oleh: hurahura | 19 September 2010

Tsunami Munculkan Relik Ribuan Tahun

Relik ini telah terkubur di bawah pasir selama berabad-abad. (AFP)

erabaru.net, Sabtu, 18 September 2010 – Tsunami dahsyat telah menguak dan menemukan sisa-sisa sebuah pelabuhan kuno di lepas pantai di India Selatan.

Sejumlah arkeolog mengatakan mereka telah menemukan beberapa bebatuan peninggalan kuil terkenal Mahabalipuram dekat pantai di Tamil Nadu setelah tsunami.

Mereka yakin bahwa ‘struktur-struktur’ bangunan ini merupakan sisa-sisa sebuah kota pelabuhan kuno dan menjadi salah satu wilayah pemukiman terkenal pada 1.200 tahun lalu.

Tiga potongan peninggalan seperti granit singa, ditemukan terkubur di pasir setelah pantai di wilayah itu surut pasca tsunami.


Peninggalan di Bawah Laut

“Benda-benda kuno ini kemungkinan merupakan peninggalan dari kota pelabuhan kecil yang ada di sini sebelum air menelannya. Kemungkinan juga merupakan bagian dari sebuah kuil atau sebuah bangunan kuno. Hal ini sedang kami teliti, ” ujar T Sathiamoorthy dari Archeological Survey of India (ASI).

Beberapa arkeolog mengatakan bahwa bebatuan peninggalan ini tertanggal abad ke-7 dan mendekati abad ke-6.

Benda peninggalan ini memiliki ukiran rumit, seperti yang ditemukan pada kuil Mahabalipuram.

Patung Budha perunggu ini ditemukan di pantai Kalapakkam. (AFP)

Kuil ini, merupakan situs warisan dunia, menunjukkan beberapa contoh yang diketahui paling awal dari arsitektur Dravida pada abad ke-7.

Monumen ini, juga memiliki relief terbuka raksasa yang terbuat dari granit.

Gelombang tsunami tersebut juga membantu para arkeolog menemukan salah satu relief yang telah ditutupi pasir berbagai jaman.

Sebuah batu dengan relief gajah ‘dihempas pula’ oleh gelombang ganas yang kini banyak dikunjungi orang sebagai obyek wisata terkenal.

Selama tiga tahun terakhir, para arkeolog yang bekerja sama dengan para penyelam dari India dan Inggris telah menemukan beberapa sisa peninggalan pelabuhan kuno tersebut.

Sejumlah arkeolog mengatakan, mereka telah melakukan survei bawah laut hingga kedalaman 1 km dan menemukan beberapa peninggalan kuno.


Legenda

Mitos Mahabalipuram pertama kali ditulis oleh petualang Inggris, J Goldingham, yang telah mengunjungi kota pantai India selatan pada 1798, di mana saat itu dikenal sebagai pelaut-pelaut ‘Seven Pagodas’.

Mahabalipuram pernah menjadi kota pelabuhan yang berkembang pesat. (AFP)

Mitos tersebut mengungkap tentang enam kuil yang tenggelam di bawah gelombang dengan kuil ke tujuh yang masih tetap berdiri kokoh di tepi pantai.

Mitos tersebut juga menyatakan bahwa sebuah kota besar yang pernah berdiri di situs itu begitu indah, sehingga para dewa menjadi cemburu dan mengirim banjir besar yang menelan seluruh bangunan dalam satu hari.

Tsunami juga juga memunculkan sebuah patung Budha perunggu setinggi 9 inci di pantai negara bagian Kalapakkam.

“Patung perunggu ini terhempas bersama benda peninggalan lainnya. Benda-benda ini kemungkinan telah terseret hingga ke laut Birma atau Thailand,” ujar T Sathiamoorthy.

Patung Budha ini telah diserahkan kepada pemerintah setempat yang segera akan ditempatkan pada sebuah museum di India.

“Kami akan melindungi jika tidak ada orang yang mengakuinya,” ujar Mr. Sathiamoorthy seperti dilansir BBC News. (Erabaru/sua)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori