Oleh: hurahura | 1 Januari 2013

Cagar Budaya: Arkeologi Nasional Teliti Kereta Api

Kuno-02Stasiun Kedungjati, salah satu objek penelitian tim arkeologi Pusarnas (Ilustrasi: Djulianto Susantio)

Kompas, Jumat, 28 Desember 2012 – Renovasi dan pembangunan jalur ganda kereta api dikhawatirkan menghilangkan sebagian benda cagar budaya peninggalan masa kolonial. Larena itu, Pusat Arkeologi Nasional yang dahulu bernama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mulai melakukan penelitian terhadap cagar budaya perkeretaapian.

Sonny Wibisono, Ketua Tim Peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional (Pusarnas), Kamis (27/12), mengatakan, penelitian bertemakan arkeologi trans-Jawa dengan fokus menelaah pembangunan infrastruktur dan sistem jaringan transportasi kereta api pada abad ke-19 di wilayah Semarang dan sekitarnya.

“Tujuan penelitian adalah melihat sejauh mana jejak sarana dan prasarana lama tersebut masih bisa dilacak,” tutur Sonny.

Penelitian juga dilakukan dalam kerangka perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan. Penelitian dibantu tenaga dari Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Balai Arkeologi Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Unika Soegijapranata, Indonesian Railway Preservation Society, lembaga swadaya masyarakat setempat, serta PT Kereta Api Indonesia Daop IV.

Surya Helmi, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, mengatakan, inventarisasi dan pendokumentasian fokus pada bangunan perkeretaapian termasuk stasiun dan pendukungnya, jembatan, dan terowongan.

Jaringan kereta api di Jawa pertama kali dibangun tahun 1870, menghubungkan kota Semarang-Surakarta sepanjang 110 kilometer oleh NIS (Nederlands-Indische Spoorweg). Pada masa kolonial Belanda ada empat perusahaan kereta api yang berperan mengembangkan jalur kereta api. (IND)

Iklan

Responses

  1. Nice info Gan!
    Semoga pemerintah punya kebijakan untuk membenahi sistem transportasi masal kita, dan tak serba menyerahkan hajat hidup rakyat ke tangan swasta.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori