Oleh: hurahura | 6 Desember 2013

“Field Study for Conservation” di Pulau Kelor

Perjalanan dari kantor Balai Konservasi menuju Marina Ancol berlangsung sekitar 30 menit. Di dermaga 17 sudah menunggu kapal motor Bidadari yang akan membawa peserta ke Pulau Bidadari di utara Jakarta. Jarak Marina dengan Pulau Bidadari tidak begitu jauh, sekitar 30 menit perjalanan.

Bidadari menjadi base camp peserta “Field Study for Conservation” karena di sini tersedia fasilitas akomodasi dan konsumsi. Setelah pembagian kamar dan makan siang, perjalanan dilanjutkan ke Pulau Onrust. Kegiatan ini hanya bersifat pengenalan pulau karena sebagian besar peserta belum pernah ke pulau ini.

Sisa-sisa bangunan dari masa kolonial Belanda kentara sekali di Onrust. Ada runtuhan rumah sakit dan barak haji. Ada sisa-sisa kincir angin dan benteng. Bahkan ada makam-makam Belanda. Bangunan yang dulunya rumah dokter, kini difungsikan sebagai museum. Dalam museum dipamerkan maket Pulau Onrust dan temuan-temuan arkeologi.

Malam harinya diisi pembekalan oleh Aris Munandar dan Ismijono. Aris Munandar adalah ahli konservasi, sementara Ismijono adalah ahli pemugaran bangunan kuno. Indah Sulistiana lalu memaparkan berbagai hal tentang bangunan kuno.


Hujan Angin

Sebenarnya praktek lapangan akan berlangsung pagi hingga siang di Pulau Kelor. Namun hujan angin datang tak terduga. Selain basah kuyup, medan penelitian tidak mungkin dipakai saat itu. Sehabis hujan reda, karena bertepatan dengan waktu makan siang, para peserta kembali ke Pulau Bidadari.

Barulah setelah makan siang praktek mencampur bahan-bahan kimia bisa diadakan. Namun praktek tidak berlangsung lama, yah sekitar dua jam. Ini untuk menghindari pulang terlalu sore karena cuaca dan ombak yang biasanya besar.

Malam harinya diisi pemaparan Hans Bonke tentang benteng martello. Pakar benteng dari Belanda ini juga memaparkan sejumlah benteng di beberapa tempat di Indonesia.


Galeri Foto:

Benteng-01Benteng di Pulau Kelor

Kelor-13Pengenalan lapangan untuk peserta “Field Study for Conservation” di benteng Pulau Kelor

Kelor-09Latihan mengonservasi benteng

Kelor-12Kunjungan ke Pulau Onrust

Kelor-03Upaya mematikan tumbuhan dengan cairan kimia

Benteng-02Pemaparan hasil observasi di lapangan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: