Oleh: hurahura | 14 Agustus 2011

Ah, Dua Arca Itu Terjepit Akar Kayu

surya.co.id, Sabtu, 18 Juni 2011 – Warga kediri, Jawa Timur, Supadi (51) menemukan dua arca yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit terjepit di antara akar kayu “sepreh” di Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (18/6/2011).

Supadi mengaku terkejut saat menemukan arca itu. Saat kapak yang digunakan untuk memecah akar kayu sepreh itu membentur batu. Namun, setelah ia teliti lagi, ternyata batu itu bukan batu biasa, melainkan mirip dengan arca.

“Awalnya saya kaget ketika sedang memecah akar kayu yang biasa saya gunakan untuk kayu bakar, tapi kok ada batu. Saya cek, ternyata saya temukan batu berbentuk seperti arca terjepit,” katanya mengungkapkan.

Ia langsung memanggil beberapa warga yang ada di lokasi, meminta bantuan untuk mengeluarkan batu itu. Beberapa warga juga langsung membersihkan batu itu dari beberapa kotoran seperti tanah dan mengambil alat ukur.

Supandi mengungkapkan, kayu-kayu yang berasal dari akar pohon sepreh itu rencananya akan digunakan untuk bahan bakar. Ia juga sudah meminta izin dari perangkat kelurahan, karena kayu itu tumbuh di tanah desa. Pohon itu juga sudah tumbang, sekitar 15 bulan lalu karena angin kencang.

Sementara itu, Sabaruddin (45), warga lainnya mengatakan bahwa di lokasi ini memang terkenal dengan mistis. Tidak jarang, ada warga yang tiba-tiba tidak bisa bicara jika ada di dekat daerah yang disebut warga dengan punden sendang ini.

“Kalau daerah ini memang terkenal mistis, tetapi kami tidak tahu jika ada benda seperti ini ditemukan di tempat ini,” ucapnya.

Ia sempat mengukur kondisi arca yang baru ditemukan terjepit di akar kayu pohon sepreh yang tingginya dulu mencapai 250 meter dengan diameter dua meter tersebut.

Ada dua batu yang mirip dengan Arca Ganesha serta patung Budha. Untuk batu mirip Arca Ganesha, tingginya diketahui hanya 30 sentimeter dengan lebar 25 centimeter dan ketebalannya mencapai 11 sentimeter.

Sementara, untuk arca yang mirip patung Budha ketinggiannya mencapai 19 centimeter dengan lebar hingga 26 sentimeter dan ketebalannya hingga 14 centimeter.

Pihaknya juga belum mengetahui persis kedua arca itu peninggalan zaman apa. Tetapi, dimungkinkan arca itu adalah peninggalan zaman Kerajaan Majapahit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori