Oleh: hurahura | 5 Januari 2011

Buku-buku Arkeologi Karya Dosen-dosen UI

Gajah Mada; Biografi Politik

Penulis: Agus Aris Munandar
Terbit : Maret 2010
Detail: 176 hlm, 14 x 21
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Gajah Mada toko besar dan terkenal tetapi masih sangat gelap riwayat hidupnya. Bahkan keterangan mendasar ihwal Gajah Mada masih kabur: siapa sejatinya dan bagaimana akhir hayatnya? Apakah benar ia berasal dari kalangan penguasa Majapahit? Betulkah ia yang merancang pembunuhan Jayanegara melalui tangan Tanca sang tabib istana karena Raja Majapahit itu telah melanggar perundang-undangan kerajaan yang melarang menggauli isteri orang? Apakah Sumpah Palapa dan benarkah itu ide Gajah Mada? Siapakah sesungguhnya yang menjadi penyebab pecahnya Perang Bubat, benarkah itu skenario Gajah Mada untuk menakhlukan Sunda? Mana yang benar, Gajah Mada sebagai tokoh penyebab perpecahan dan perang saudara di Majapahit atau ia tokoh yang dirindukan kehadirannya sebagai kekuatan pemersatu? Banyak buku telah terbit tetapi inilah buku pertama yang mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan mengindahkan kaidah-kaidah ilmiah. Sebagai doktor arkeologi Agus Aris Munandar siap dengan berbagai sumber kajian ilmiah kontemporer yang diraciknya dengan pembacaan sejumlah prasasti dan naskah sastra kuno serta kisah panji. Hasilnya tak diragukan lagi, sebuah buku yang bukan saja mampu menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, tetapi juga memiliki otoritas dan punya kekuatan karena mampu menghadirkan riwayat Gajah Mada secara serius, cermat, kaya dan berwarna.

Ibukota Majapahit; Masa Jaya dan Pencapaian

Penulis: Agus Aris Munandar
Terbit : Desember 2008
Detail: 176 hlm, 14 x 21 cm
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Buku ini menguak sejarah dan kebudayaan zaman Majapahit. Terutama ihwal pencapaian-pencapaian zaman gemilang Majapahit dalam masa pemerintahan Hayam Wuruk dan kehidupan keagamaan dalam masa itu yang plural, namun tetap damai dan memainkan peran sebagai unsur kebudayaan penting.

MASA AKHIR MAJAPAHIT; Girîndrawarddhana dan Masalahnya

Penulis: Hasan Djafar
Terbit : Maret 2009
Detail: 264 hlm, ISBN 979-3731-48-6
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Buku ini menguak bagaimana keluarga Kerajaan Majapahit terlibat perang perebutan tahta dan akhirnya mengalami kemunduran di awal abad ke-16. Termasuk juga peranan daerah pasisir, terutama Kerajaan Islam Demak yang semakin memperlemah Kerajaan Majapahit dan membuat keluarga kerajaan itu melarikan diri.

Kota-Kota Prakolonial Indonesia: Pertumbuhan dan Keruntuhan

Penulis: Supratikno Rahardjo
Terbit : April 2008
Detail: 198 hlm
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Hipotesis pokok yang dimuat dalam karya ini adalah bahwa kota-kota prakolonial di Indonesia dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori wilayah pertumbuhan, yaitu di wilayah-wilayah dengan basis ekonomi pertanian sawah, dan di wilayah-wilayah dengan basis ekonomi perladangan.

Kapitalisme Pribumi Awal: Kesultanan Banten 1522-1684

Penulis: Heriyanti Ongkodharma
Terbit : April 2008
Detail: 340 hlm
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Buku ini mengkaji peran masyarakat Banten elit maupun non-elit dalam aktifitas perdagangan. Banten mengolah sumber daya alamnya yang bersifat hayati maupun non-hayati, yang terdapat di perairan laut, sungai, parit maupun di lahan berupa bukit, ladang, dan pegunungan. Kesultanan Banten pun bergaung hingga daratan Eropa, masa jaya tertulis dengan tinta emas sebagai sebuah pusat perdagangan yang bersifat internasional di abad ke 15-17.

Istana Dewa Pulau Dewata

Penulis: Agus Arismunandar
Terbit : Agustus 2005
Detail: xii + 373 hlm, Edi Sedyawati (Pengantar)
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Sebuah interpretasi baru mengenai makna puri agung di Bali, khususnya dikaitkan dengan sejarah dan acuan kosmologinya.

Peradaban Jawa, Dinamika Pranata Politik, Agama, dan Ekonomi Jawa Kuno

Penulis: Supratikno Rahardjo
Terbit : November 2002
Detail: xxix + 625 hlm, Edi Sedyawati (Pengantar)
Penerbit: Komunitas Bambu


Sinopsis Buku

Menyatukan ribuan keping data, termasuk hal-ihwal ‘remeh’ tentang pelbagai aspek kehidupan sehari-hari zaman Jawa Kuno. Sebuah upaya merekonstruksi perubahan kebudayaan, pertama-tama, dari sudut pandang material culture-nya. Hasilnya sebentuk mosaik penuh warna rupa-rupa data tujuh abad tentang peradaban Jawa Kuno.

Airlangga; Biografi Raja Pembaru Jawa Abad XI

Penulis: Ninie Susanti
Halaman: 344
Penerbit: Komunitas Bambu
Tahun: 2010


Sinopsis

Buku ini merekonstruksi sistem pemerintahan Raja Airlangga di Jawa pada abad ke-11 M yang kemudian ditiru oleh raja-raja besar sesudahnya, terutama Kerajaan Janggala dan Panjalu. Melalui data tertulis berupa prasasti dan karya sastera, penulis mengungkap peranan Raja Airlangga dalam memerintah rakyatnya dan mengadakan pembaruan di empat pilar kehidupan bernegara, sehingga membawa kerajaannya menjadi kerajaan besar pada masanya.

Adalah menarik buku ini menceritakan ihwal peristiwa pralaya yang melanda Jawa saat itu sehingga mengakibatkan hancurnya Kerajaan Mataram Kuna. Airlangga yang sebenarnya tidak berhak atas tahta, tetapi dikehendaki oleh rakyat dan pemuka agama hadir sebagai raja dengan tidak memperoleh tahta secara langsung dari pendahulunya serta mewarisi sebuah kerajaan yang hancur. Untuk menegakkan hegemoninya ia tidak hanya membangun dari awal, tetapi juga harus menyingkirkan para pesaing yang semula mungkin merupakan penguasa-penguasa daerah. Buku ini hadir untuk mengungkap tokoh terbesar dalam sejarah raja-raja Jawa Kuna yang memiliki pengaruh yang tidak hanya di Nusantara bahkan di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Iklan

Responses

  1. good


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: