Oleh: hurahura | 15 Desember 2010

Sup Berusia 2.400 Tahun

koran-jakarta.com, Selasa, 14 Desember 2010 – Sekelompok arkeolog China percaya mereka berhasil menemukan sebuah mangkuk berisi sup yang berusia 2.400 tahun, yang digali dari situs bersejarah ibu kota kuno, Xian, Provinsi Shaanxi. Demikian dilaporkan surat kabar resmi Pemerintah China, Global Times, Senin (13/12). “Sepanjang sejarah arkeologi China, ini adalah untuk pertama kalinya sup tulang kuno berhasil ditemukan,” ujar Liu Daiyun, arkeolog dari Institut Arkeologi Provinsi Shaanxi.

“Penemuan ini akan berperan penting dalam mempelajari kebiasaan makan dan budaya dari masyarakat China selama periode Zaman Warring (475-221 SM).” Sup dan tulang kuno itu ditemukan dalam mangkuk tembaga kecil yang ada dalam sebuah makam, yang tengah digali demi perluasan pembangunan bandara di Kota Xian. Cairan dan tulang dalam sup tersebut berubah warna menjadi hijau akibat oksidasi mangkuk tembaga itu.

Para ilmuwan akan mengadakan tes lebih jauh untuk memastikan cairan dan tulang itu memang benar-benar sup. Xian merupakan kota kuno yang telah ada sejak 3.100 tahun lalu. Kota ini pernah menjadi ibu kota China selama 1.100 tahun dan terkenal dengan patung-patung prajurit terakota di situs pemakaman Qin Shihuang.

Qin merupakan tokoh yang pada masa hidupnya, pada 221 Sebelum Masehi, berupaya menyatukan China dan mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar pertama China.
AFP/dng/S-2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori