Oleh: hurahura | 23 April 2011

UNESCO Siapkan Museum untuk Buddha Afghanistan

straitstimes.com

inilah.com, Jumat, 11 Maret 2011 – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi masalah kebudayaan, UNESCO, menyiapkan museum untuk merawat patung Budha Bamiyan milik Afghanistan.

“Ada kebutuhan untuk merekonstruksi museum di Bamiyan dan museum kecil lainnya di lanskap tersebut untuk menjaga serta memamerkan temuan dari lembah ini sebagai bagian dari Warisan Budaya Dunia (World Heritage),” demikian UNESCO.

Patung tersebut merupakan warisan budaya Afghanistan yang dihancurkan militan ekstermis Taliban, 10 tahun lalu. UNESCO menyatakan, ahli internasional dan pejabat Afghanistan mengadakan pertemuan di Paris, Prancis untuk membahas hal ini.

Kedua pihak merekomendasikan membuat replika dari dua patung Budha tersebut. Namun kemudian, usulan diubah dengan menyerukan pembangunan museum tak jauh dari lokasi tersebut. Bagian barat dari tebing dekat patung-patung itu sebaiknya dibiarkan kosong.

“Lokasi itu bisa menjadi sebuah saksi bisu kekerasan yang terjadi karena Taliban,” demikian UNESCO. Patung itu terselamatkan saat tentara Barat yang dipimpin AS menginvasi Afghanistan pada 2001 lalu.

Kemungkinan besar, UNESCO juga merencanakan sebuah studi untuk menentukan apakah penyatuan fragmen-fragmen patung tersebut penting untuk dilakukan dan seberapa banyak yang akan dipasang kembali.

Patung setinggi 55 meter di Lembah Bamiyan itu diledakkan pada Maret 2001 oleh rezim karena dianggap tidak Islami. Lokasi patung merupakan wilayah Budha yang merupakan bagian dari Jalur Sutra.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori