Oleh: hurahura | 19 April 2012

Hari Warisan Budaya, Dorong Kepedulian Masyarakat Lestarikan Kekayaan Bangsa

Foto: Rani DL

Danar Widiyanto | Rabu, 18 April 2012 – Puluhan masyarakat yang peduli terhadap warisan budaya, menggelar aksi Hari Warisan Budaya Dunia yang diperingati setiap 18 April di perempatan Tugu Yogyakarta, Rabu (18/4). Aksi ini merupakan bentuk dorongan kesadaran publik untuk peduli dengan pelestarian warisan budaya.

Koordinator Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (MADYA), Jhohannes Marbun menuturkan, di tingkat nasional, isu warisan budaya belum diangkat sebagai hal yang krusial dan hanya sebatas diskusi. Sementara, peran masyarakat dalam pelestarian budaya itu sendiri dirasa masih sangat minim.

“Selama ini pemerintah baru sebatas mempromosikan ke ranah internasional melalui penetapan warisan budaya nasional menjadi warisan dunia. Namun orientasi lebih lanjut seperti kesadaran untuk memelihara dan melestarikan warisan budaya kedepan, masih sangat kurang,” ujarnya.

Menurutnya, pemeliharaan terhadap warisan budaya, jauh lebih penting dibandingkan hanya sekedar mempromosikan saja. Pemerintah juga belum memiliki upaya konkret dalam pengelolaan warisan budaya seperti Candi Borobudur yang telah menjadi perhatian dunia.

“Warisan budaya nasional yang ditetapkan menjadi warisan dunia salah satunya adalah Borobudur. Namun, upaya terkait status pengelolaan maupun pemeliharaan Borobudur masih minim. Bahkan Indonesia telah diingatkan oleh dunia internasional. Pemerintah hanya membuat sistem regulasi tetapi belum dijalankan,” tegasnya.

Aksi tersebut kemudian dilanjutkan dengan long march dari perempatan Tugu hingga Gedung Agung. Aksi juga diisi dengan teatrikal serta polling spontanitas terbuka terhadap masyarakat di pinggir jalan mengenai persepsi mereka terhadap pelestarian budaya. (Aie)

(Sumber: DI SINI)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori