Oleh: hurahura | 19 Maret 2017

Manusia Prasejarah di Gua Kidang Sudah Cerdas

Gua-kidang-05Ekskavasi di Gua Kidang (Foto: suaramerdeka.com)

Di Pulau Jawa ada dua gua yang potensial mengandung temuan-temuan arkeologi. Yang pertama, Gua Kidang di Jawa Tengah. Yang kedua, Gua Pawon di Jawa Barat. Saat ini Gua Kidang sedang diekskavasi oleh Balai Arkeologi Yogyakarta, sementara Gua Pawon diekskavasi oleh Balai Arkeologi Jawa Barat.

Situs Gua Kidang di Blora (Jawa Tengah), diteliti oleh Balai Arkeologi Yogyakarta sejak 2005.  Berdasarkan survei permukaan di seluruh kawasan karst Blora, disimpulkan Gua Kidang merupakan satu-satunya gua yang layak huni. Hal tersebut didasarkan pada morfologi lahan, sirkulasi sinar matahari, kemiringan, kelembaban, serta temuan permukaan.

Berdasarkan  analisis terhadap temuan-temuan arkeologis, stratigrafi (lapisan tanah), dan lingkungan, arkeolog Indah Asikin Nurani menyimpulkan bahwa Gua Kidang merupakan gua yang intensif dihuni manusia prasejarah. Pada gua itu terdapat  tinggalan arkeologi yang lengkap berupa artefak, fitur, dan ekofak, serta rangka Homo sapiens.

Gua-kidang-04

 Temuan gigi manusia prasejarah (Foto: arkeologijawa.com)

“Kami menggunakan  pendekatan arkeologi spasial atau arkeologi keruangan yang mengenal adanya tiga tingkat ruang, yaitu mikro (satu unit gua), meso/semi mikro (beberapa gua hunian atau komunitas), dan makro (antarkomunitas),” kata Indah.


Hunian manusia prasejarah

Sejak awal ada beberapa masalah di Gua Kidang yang berusaha diungkap. Pertama, bagaimana pola okupasi penghuni gua kawasan karst Blora berlangsung. Kedua, bagaimana interaksi antara manusia dengan sumberdaya alam sekitarnya dalam pola adaptasinya. Ketiga, bagaimana pola pemanfaatan lahan Gua Kidang sebagai satu-satunya gua hunian di kawasan karst Blora.

Tim peneliti menyimpulkan bahwa Gua Kidang merupakan satu-satunya gua hunian manusia prasejarah di kawasan karst Blora. Luas gua cukup lapang, yakni  berukuran 36 m x 18 m x 18 m sehingga menambah tingkat kenyamanan. Artinya  sirkulasi udara dan sinar matahari mendukung lokasi itu sebagai tempat tinggal.

Gua-kidang-03

Ekskavasi di Gua Kidang (Foto: Indah Asikin Nurani)

Pendapat bahwa Gua Kidang merupakan situs hunian didukung adanya berbagai temuan. Sejak lapisan atas banyak ditemukan artefak dari cangkang moluska, tulang vertebrata, dan peralatan pendukung dari batu. Artefak-artefak itu antara lain berfungsi sebagai pengorek tanah, pengolah tanah, dan pengolah makanan. Temuan lain berupa   beberapa fragmen tulang dan gigi Homo sapiens yang mengindikasikan adanya gejala penguburan.

Situs prasejarah di Gua Kidang ini dinilai sangat istimewa. Temuan berbagai artefak menunjukkan bahwa manusia prasejarah di masa itu sudah mulai cerdas. Perkakas manusia prasejarah di Gua Kidang kebanyakan terbuat dari tulang dan cangkang. Tingkat kesulitan dalam hal proses pembuatan perkakas ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perkakas batu.

Misteri zaman prasejarah atau misteri dari dalam tanah ini mungkin lama terungkap. Soalnya dana penelitian arkeologi di Indonesia begitu terbatas. Seperti pada situs Gua Kidang ini, penelitian sejak 2005 saja masih belum memperoleh hasil yang menggembirakan. Biasanya penelitian dianggarkan setiap tahun. Malah pernah terhenti selama beberapa kali karena ketiadaan dana. Tentu saja masih dibutuhkan banyak penelitian arkeologi, sehingga nantinya masyarakat dapat mengetahui kehidupan yang terjadi ribuan tahun yang lalu.***


Sumber Pustaka:

  • Gua Kidang, Hunian Gua Kala Holosen di DAS Solo, Majalah Arkeologi Kalpataru, hal. 13-24, 2015.
  • Membedah Gua Kidang Blora, Jawa Tengah. arkeologijawa.com (diakses 19 Maret 2017).
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: