Oleh: hurahura | 26 Agustus 2012

Peninggalan Sejarah Tiongkok Dihancurkan

erabaru.net, Sabtu, 25 Agustus 2012 – Menurut dokumen resmi, lebih dari 40.000 situs sejarah hilang di Tiongkok dalam 30 tahun terakhir. Lebih dari setengahnya hancur karena pekerjaan konstruksi.

Menurut statistik sensus Warisan Budaya Nasional ke-tiga Tiongkok, lebih dari 40.000 peninggalan budaya yang tidak bergerak juga hilang. Terungkapnya penyelidikan bahwa untuk menghindari penyelidikan arkeologi, beberapa pengembang dan pemerintah daerah sengaja menghancurkan situs sejarah.

[Profesor Zhang Zanning, Universitas Hukum]:
“Selama Revolusi Kebudayaan, peradaban Tiongkok sengaja dihancurkan. Sekarang penghancuran peninggalan dilakukan oleh pemerintah untuk meraup keuntungan. Hal ini karena sistem hukum Tiongkok tidak ada pengawasan yang efektif. Selama dilakukan oleh pemerintah, maka tidak perlu diawasi.”

Akhir pekan lalu, NTD menghubungi Administrasi Negara Divisi Inspektur Warisan Budaya, Pers dan Departemen Publisitas untuk wawancara. Tanggapannya: “Kami tidak pernah menerima wawancara telepon, kami tidak bisa berikan jawaban.”

Dalam tiga tahun terakhir, kota Changsha telah menghancurkan lima situs sejarah. Salah satu museum yang terawat baik dibangun pada jaman Kangxi, kaisar kedua dari Dinasti Qing. Warga Kota Suzhou telah menawarkan bantuan untuk merenovasi museum, namun tetap dihancurkan.

[Sun Wenguang, Pensiunan Profesor Universitas Shandong]:
“Tentu saja, di satu sisi, pihak berwenang setempat masuk ke pembangunan properti untuk meningkatkan GDP. Di sisi lain, dari perspektif seluruh bangsa, tidak terlalu terikat pada peninggalan sejarah. Ia tidak menganggapnya sangat penting.”

Beberapa netizen menggunakan kata “jahat” atau kriminal, untuk menggambarkan penghancuran peninggalan bersejarah, menurut mereka, tidak banyak bangunan ratusan tahun di negara yang memiliki sejarah ribuan tahun.


Lihat video:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori