Oleh: hurahura | 27 Maret 2012

Makam Kuno Bangsa Maya Meksiko

ilustrasi (internet)

Erabaru News, Kamis, 22 Maret 2012 – Anthropolog di Meksiko mengatakan sisa-sisa 167 jasad yang ditemukan di sebuah gua di negara bagian Chiapas dikatakan sebagai bagian dari sebuah pemakaman kuno.

Gua itu merupakan bagian dari sebuah peternakan bernama Nuevo Ojo de Agua tak jauh dari perbatasan Meksiko dan Guatemala.

Institut Nasional Anthropologi Meksiko mengatakan tes yang mereka lakukan menunjukkan jasad-jasad itu berasal dari abad ke-8.

Awalnya muncul kekhawatiran jasad-jasad itu adalah korban perang saudara puluhan tahun dari negara tetangga Guatemala.

Para ilmuwan berharap barang tembikar yang mereka temukan di tempat itu bisa memberi petunjuk mengenai komunitas yang menggunakan tempat pemakaman itu.

Tetapi penelitian forensik menunjukkan bentuk kerusakan batok kepala itu khas dan berasal dari penduduk asli Amerika Latin lebih 1000 tahun yang lalu.

Bangsa Maya yang tersebar luas di kawasan ini selama hampir 2000 tahun menggunakan kayu untuk memipihkan dan memperpanjang batok kepala anak-anak mereka yang mati.

Penelitian masih berlanjut untuk mencoba menentukan jenis kelamin, umur maupun kelompok ethnik temuan mereka ini. (Erabaru/bbc.co.uk/sua)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori