Oleh: hurahura | 4 Oktober 2011

Lukisan Buatan Anak-anak

Koran Tempo, Selasa, 4 Oktober 2011 – Gua-gua tampaknya menjadi sekolah bagi anak-anak manusia purba yang hidup 13 ribu tahun lalu. Lukisan pada dinding gua menunjukkan bagaimana mereka belajar seni dengan bimbingan orang tuanya.

Kesimpulan tersebut muncul dalam konferensi Arkeologi pada Anak di Universitas Cambridge yang berlangsung pekan lalu. Para peneliti mengungkapkan risetnya pada gua prasejarah paling terkenal di Prancis.

Pada gua di Rouffignac terlihat gambar menakjubkan dari mammoth, badak, dan kuda. Rangkaian lukisan itu berada pada lajur sepanjang 5 mil yang disebut “Seratus Mammoth“.

Belum lama ini para ahli mengembangkan metode untuk mengidentifikasi usia dan jenis kelamin dari orang-orang yang membuat lukisan tersebut. Hasilnya, gambar itu dibuat oleh seniman dan gadis berusia 5 tahun. Tentunya anak itu dibantu orang tuanya karena lukisannya ada di dinding tinggi.

Juga terlihat ribuan baris yang merupakan bentuk sederhana dari seni atau dekorasi yang dikenal sebagai finger fluting. Gambar ini dibuat oleh orang-orang yang berlarian dengan tangan mereka menyentuh permukaan gua. Ada pula galeri dengan bagian-bagian garis yang membentuk kompleks.

Jess Cooney, arkeolog dari Walden University, Amerika Serikat, menjelaskan, finger fluting itu dibuat oleh anak-anak karena muncul di setiap ruang gua. “Beberapa garis di bagian tinggi atau langit-langit dibuat anak-anak yang dipanggul orang dewasa.“

Menurut Cooney, pihaknya menemukan tanda yang dibuat oleh anak usia antara 3 dan 7 tahun. Kami, katanya, telah mampu mengidentifikasi individu dari empat anak yang tandanya cocok. Ada seorang anak perempuan berusia sekitar 5 tahun yang paling produktif.

Para peneliti menduga bahwa, dari empat anak itu, dua adalah perempuan. “Gua ini kaya akan lukisan yang dibuat anak-anak. Hal ini menunjukkan bahwa ada ruang khusus untuk mereka. Kami belum tahu apakah ruang itu untuk bermain atau ritual.“

Meskipun mustahil untuk menentukan tanggal yang akurat, gambar yang ditemukan di dalam gua Rouffignac ada kemungkinan berusia 13 ribu tahun. DAILYMAIL

Tinggalkan Balasan

Kategori

