Oleh: hurahura | 22 September 2010

Lestarikan Gedung Kuno Bank Indonesia

Kompas Jawa Timur – Senin, 20 Sep 2010 – Seribu pelaku perbankan di Jawa Timur mengajak masyarakat Surabaya melestarikan gedung kuno Bank Indonesia. Alasannya nilai sejarah gedung tersebut tinggi.

“Upaya pelestarian dilakukan dengan kegiatan pencanangan ‘Bank Indonesia Heritage Funbike” yang diselenggarakan Minggu (19/9),” kata Deputi Pemimpin Bank Indonesia Surabaya Bidang Sistem Pembayaran Mahmud di Surabaya, Sabtu (18/9).

Sampai sekarang total gedung kuno milik BI ada 12 gedung. Jadi, ke depan, jelas dia, seluruh gedung tersebut dimanfaatkan kembali oleh BI. Namun, saat ini hanya dua gedung kuno di antara 12 gedung, antara lain eks Museum Mpu Tantular dan Gedung Garuda eks “De Javasche Bank” yang dipakai lebih dulu.

Kini, kedua gedung memang dimanfaatkan untuk lokasi sepeda santai kalangan perbankan dan pameran foto gedung kuno Bank Indonesia. Di Surabaya terdapat banyak gedung kuno dan bersejarah yang keberadaannya terancam hilang seperti Stasiun Semut dan Penjara Kalisosok. Apalagi gedung kuno juga banyak yang sudah dialihfungsikan antara lain Rumah Sakit Simpang di Jalan Pemuda dan Rumah Sakit Mardi Santoso Jalan Bubutan.

Kota Surabaya akan mengirimkan tiga bangunan bersejarah untuk mewakili Indonesia ke UNESCO yakni Hotel Mojopahit, Rumah Sakit Darmo, dan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria Kepanjen. Ketiga bangunan tersebut tidak hanya dinilai dari segi historis mewakili sejarah perjalanan kota dan negara, tetapi juga dari segi arsitektur yang memiliki kekhasan kolonial dan sampai masih terawat dengan baik. (ETA/ANTARA)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: