Oleh: hurahura | 27 Oktober 2014

Bencana, Candi Tondowongso Ditinggal

Penelitian Situs Tondowongso di Kediri, Jawa Timur, oleh tim gabungan Balai Arkeologi Yogyakarta, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, dan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menunjukkan, kompleks candi itu berulang kali terpapar bencana, seperti erupsi Gunung Kelud dan banjir dari Kali Konto, anak Sungai Brantas. Lantaran rawan bencana alam, kompleks candi Hindu peninggalan antara abad ke-11 dan ke-12 Masehi itu ditinggalkan.

Saat ditemukan pada 2007, Situs Tondowongso terpendam muntahan piroklastik Kelud dengan ketebalan 5-6 meter. Selain terempas material vulkanik, situs itu beberapa kali terendam banjir.

Berdasarkan hasil ekskavasi tim pada 14-25 Oktober 2014, bagian paling atas timbunan situs berupa lapisan pasir, kerikil, dan batu apung setebal 1 meter. Lalu, di bagian bawahnya terdapat bekas banjir. Kemudian, pada bagian paling bawah sebelum struktur candi terdapat lapisan material vulkanik lagi dengan ketebalan 2-3 meter.

”Dugaan kami, setelah terempas erupsi dan rusak, situs ditinggalkan masyarakat pada saat itu,” kata Ketua Tim Ekskavasi Situs Tondowongso Sugeng Riyanto, Minggu (26/10), saat dihubungi dari Jakarta.

Dia memprediksi kompleks candi itu sempat dimanfaatkan dalam waktu relatif lama. Lapisan piroklastik pertama diperkirakan menimbun antara tahun 1.300 Masehi dan lapisan piroklastik terakhir menimbun pada kisaran tahun 1.500 Masehi.

Masih banyak misteri yang harus diungkap dari situs itu. Akan tetapi, menurut Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Siswanto, karena target penelitian jangka panjang di situs itu telah terpenuhi, tahun depan penelitian di Situs Tondowongso dihentikan terlebih dulu. ”Kami masih menunggu tahapan berikutnya,” ujarnya. (ABK)

(Sumber: Kompas, Senin, 27 Oktober 2014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: