Oleh: hurahura | 20 Juni 2010

Sarkofagus Yang Dicuri Kembali Ke Cina

Seorang pengusaha Amerika mengembalikan peti mayat yang terbuat dari batu ke Cina. Peti mayat yang dicuri empat tahun lalu itu kini berada di musium sejarah Shaanxi. Demikian Xinhua kantor berita pemerintah Cina.

Menurut pakar arkeologi ‘sarkofagus’ itu berukuran panjang 4 meter, lebar 2 meter, tinggi 2 meter dan berat 171.000 kilogram itu memiliki nilai ‘sejarah, artistik dan ilmiah’ yang tinggi dan dihias dengan ukiran bunga dan seorang wanita muda. Sarkofagus itu milik Wu Huifei, permaisuri kaisar Tang yang meninggal dunia tahun 737 sebelum Masehi.

Tahun 2006 polisi Cina menemukan suatu “barang raksasa” di sebuah gudang lewat komputer. Dua tahun kemudian diketahui bahwa peti tersebut diselundupkan ke luar negeri dan dijual kepada seorang pengusaha Amerika dengan harga satu juta dolar. Setelah perundingan panjang lebar, pengusaha tersebut memutuskan untuk mengembalikan peti tersebut.

Relikwi bersejarah Cina sering diselundupkan ke luar negeri. Menurut pemerintah Cina, musium-musium di luar negeri memiliki lebih dari 1,5 juta relikwi bersejarah Cina. Sejak tahun 1998 sebuah komisi khusus berhasil mengembalikan empat ribuan relikwi bersejarah dan kuno Cina.

(ranesi.nl)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori