Oleh: hurahura | 22 September 2014

Tenaga Konservasi Minim

Indonesia saat ini hanya memiliki 75 tenaga eksplorasi dan konservasi cagar budaya di dasar laut yang tersebar di sejumlah Unit Pelaksana Teknis di Nusantara. Dibandingkan potensi kekayaan dasar laut yang luar biasa dahsyat, jumlah itu termasuk kecil. Saat ini tercatat ada 463 situs dasar laut di Indonesia dan baru 42 yang telah diidentifikasi.

Jumlah 463 situs berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan itu pun belum menunjukkan gambaran sesungguhnya. Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Harry Widianto, di Jakarta, Jumat (19/9), dengan yakin menyebutkan ada 2.000-an situs dasar laut yang tercatat dan ribuan lainnya yang belum diketahui.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Kacung Marijan mengatakan, cagar budaya dasar laut itu alamnya, kondisinya, dan perlakuannya sangat berbeda dengan yang ada di darat. ”Banyak sekali cagar budaya di laut lepas itu dan titiknya bisa bergeser karena derasnya arus ombak. Butuh teknologi dan keahlian untuk menyelam dan mengonservasi cagar budaya dasar laut,” ungkapnya.

Orang dan ahli untuk melakukan konservasi sedikit karena konservasi itu memang membutuhkan beberapa keahlian. Tidak hanya menyelam, mereka juga harus memiliki keahlian arkeologis.

”Bahkan, tenaga yang kita punyai itu pun kapasitasnya perlu dinaikkan levelnya, baik dalam hal keterampilan konservasi maupun penggunaan teknologi,” tutur Kacung.

Untuk itu, Kemdikbud menggelar kegiatan Pembangunan Kapasitas Pengelolaan Cagar Budaya Bawah Air untuk para pelestari cagar budaya dasar laut, di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 22 September hingga 5 Oktober 2014. ”Mereka akan mendapatkan desain perancangan penelitian yang lebih sistematis untuk mengeksplorasi cagar budaya,” papar Kacung. (IVV)

(Sumber: Kompas, Sabtu, 20 September 2014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: