Oleh: hurahura | 11 Juli 2010

Induk Candi Hindu Losari Ditemukan

MAGELANG – Balai Arkeologi berhasil menemukan induk candi Losari di Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, awal tahun 2007 lalu mereka hanya menemukan candi Pariwara atau anak candi yang berukuran 3 x 3 meter di sebuah kebun salak milik Badri, warga setempat. “Induk candi ini diperkirakan berukuran 9 x 9 meter,” terang Ketua Tim Peneliti Candi Losari Baskoro Danu Tjahjono, di Magelang, Selasa (26/8/2008).

Candi itu diperkirakan merupakan candi Hindu abad kesembilan. Kata Baskoro, induk candi itu berada di sebelah selatan anak candi. Selama ini, pihaknya masih terus melakukan pencarian serpihan-serpihan batu candi yang berserakan akibat banjir lahar Gunung Merapi.

“Terus terang kita sangat kesulitan saat melakukan penggalian dan perekonstruksian candi. Apalagi, lokasinya berada di kebun salak dengan tanah licin. Sehingga harus ekstra hati-hati,” katanya.

Dalam melakukan rekontruksi dan penggalian candi, Balai Arkeologi bekerjasama dengan Pemkab Magelang, Balai Pelestarian dan Perlindungan Peninggalan Purbakala (BPPP) Jateng serta sejumlah akademisi Universitas Gadjah Mada(UGM) jurusan Arkeologi.

“Untuk hari ini sekira 30 orang yang melakukan penggalian. Baik dari tenaga ahli maupun masyarakat,” sebutnya.

Pemilik kebun salak, Badri, mengatakan awal penemuan candi itu bermula saat dirinya membangun irigasi untuk mengairi sawah yang lokasinya jauh di atas permukaan sungai. “Saat saya melakukan penggalian, ternyata menemukan ratusan batu yang berserakan. Akhirnya saya langsung melanjutkan penggalian dan mengumpulkan batu-batu itu di rumah saya,” imbuhnya.

Setelah mengumpulkan hasil temuannya, Badri melapor ke kelurahan dan diteruskan ke Balai Arkeologi dan Balai Pelestarian dan Perlindungan (BPPP) Jateng. Temuan itu akhirnya ditindaklanjuti Balai Arkeologi Jogja bekerjasama dengan kampus UGM jurusan Arkeologi dengan mengadakan program pencarian dan rekontruksi dalam dua tahap.

“Tahap pertama bulan Januari 2007. Dilanjutkan pada tahap kedua pada Agustus 2008 ini,” tukasnya. (Muhammad Slamet/Sindo/ful)

(okezone.com)


Responses

  1. nice blog…visit our blog please…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori