Oleh: hurahura | 25 Juli 2010

Museum TNI AD di Semarang

Museum Mandala Bakti yang berlokasi tak jauh dari Monumen Tugu Muda Semarang, Jawa Tengah akan dijadikan museum TNI Angkatan Darat (AD). Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Budiman mengatakan, Kodam akan meningkatkan pemberdayaan Museum Mandala Bhakti sebagai aset sejarah sekaligus kepariwisataan di Kota Semarang dan Jawa Tengah (Jateng).

Peningkatan fungsi museum yang banyak menyimpan saksi sejarah dan heroisme perjuangan warga di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada masa revolusi ini tak hanya pada perbaikan kualitas fisik bangunan dan berbagai fasilitasnya.

Namun museum yang kini menempati gedung bekas markas Kodam tersebut juga ditingkatkan sebagai museum TNI AD yang akan menyimpan berbagai benda bersejarah tentang perjalanan TNI AD.

“Karena wilayah Jawa Tengah dan DIY merupakan saksi sejarah dan tempat lahirnya TNI AD pada masa perlawanan terhadap penjajah,” ujarnya. Sebagai museum perjuangan TNI, Mandala Bhakti Semarang ini menyimpan berbagai koleksi tentang data, dokumentasi hingga benda-benda bersejarah pada masa perjuangan mempertahankan kedaulatan negeri ini.

Selama ini, museum dibuka untuk umum pada hari Selasa sampai Kamis, mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sedangkan, hari Sabtu dan hari libur nasional tutup. Dengan peningkatan fungsi museum, diharapkan akan lebih memberikan daya tarik kunjungan masyarakat dari Jateng maupun luar Jateng. [142]

(suarapembaruan.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori