Oleh: hurahura | 19 Agustus 2010

Arkeolog Menemukan “Rumah Inggris Tertua”

NTD – NEWS, Rabu, 18 Agustus 2010 – Para arkeolog di Inggris menemukan bangunan melingkar seluas tiga setengah meter di Star Carr, dekat Scarborough. Peneliti dari universitas Manchester dan York mengatakan, peninggalan budaya kuno ini ada sejak 10.500 tahun, ketika Inggris masih terhubung dengan benua Eropa.

Dekat bangunan yang diduga sebuah rumah, ditemukan lantai papan yang terbuat dari blok-blok kayu yang dibelah dan dibentuk, membentang ke sebuah danau kuno. Peneliti berkata, ini bukti paling awal pertukangan kayu di Eropa.

Ditemukan pula potongan batu api dan tanduk rusa yang diduga digunakan sebagai panah dan ujung tombak. Arkeolog mengatakan, tempat ini dihuni oleh pemburu setelah zaman es terakhir, dalam jangka waktu antara 200 dan 500 tahun.

[Nicky Milner, Universitas York]:
“Kami temukan paku kait yang menakjubkan ini. Harusnya ini jauh lebih panjang, ini adalah bagian yang digunakan untuk berburu binatang liar seperti sapi liar, rusa merah, babi hutan, rusa elk, binatang besar. Ada bukti tulang-tulang dari situs, menunjukkan mereka memakan hewan-hewan ini.”

Rumah pertama kali digali oleh tim dua tahun lalu, dan memiliki lubang-lubang disekitar pusat cekungan, yang diperkirakan diisi dengan bahan organik seperti alang-alang, dan mungkin sebuah perapian.

Awalnya, bangunan di Howick, Northumberland di Inggris Utara, sempat dianggap sebagai bangunan tertua, namun kini rekornya terpecahkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori