Oleh: hurahura | 20 September 2010

T. Rex Dulu Seukuran Manusia

T.rex boleh besar, tapi ternyata spesies tiranosaurus, selama 80 juta tahun pertama kehidupan mereka, berukuran kecil, tidak berbeda jauh dengan ukuran manusia. Para ilmuwan berhasil menarik kesimpulan itu setelah temuan fosil Tiranosaurus selama setahun terakhir ini.


Tiranosaurus

Para ahli purbakala menemui kalau T. Rex membesar secara misterius. “Sepuluh tahun yang lalu kita hanya tahu lima atau enam spesies dan semuanya mirip, predator berukuran raksasa. Sekarang kita punya 20 spesies yang tersebar di era Jurassic dan Cretaceous. Ukurannya mulai dari ukuran anjing hingga ukuran T. Rex yang kita ketahui” kata Stephen Brusatte, mahasiswa dari Columbia University yang bekerja sama dengan American Museum of Natural History di New York.

Tiranosaurus sudah ada sejak 165 juta tahun yang lalu. Sepanjang 80 tahun pertama, mereka berukuran kecil. Meski demikian, mereka tetap predator yang berdiri di atas dua kaki dan memiliki gigi yang tajam. Fosil membuktikan kalau beberapa spesies tiranosaurus sedikit bervariasi. Beberapa spesies memiliki tangan yang lebih panjang dari tiranosaurus pada umumnya, sementara spesies lain memiliki kepala yang lebih kecil. “Banyak perbedaan antara tiranosaurus awal dengan T. Rex, tapi mereka punya waktu ratusan juta tahun untuk berevolusi,” jelas Brusetta.

Para ilmuwan dan ahli purbakala belum dapat menjelaskan alasan perubahan ukuran tiranosaurus. Evolusi diterka terjadi selama pertengahan era Cretaceous, suatu era yang sayangnya tak punya banyak bukti sehingga sulit digambarkan. Selama 80 juta tahun pertama kehidupan tiranosaurus, ada predator berukuran besar, seperti alosaurus dan megalosaurus. Ketika predator itu punah, tiranosaurus punya kesempatan untuk berkembang. “Mereka berkembang tidak hanya secara fisik, tapi juga secara ekologi. Mereka menjadi spesies yang dominan,” kata Brusetta.

(nationalgeographic.co.id)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori