Oleh: hurahura | 28 Juli 2010

Gereja Tugu, Bentuk Bangunan Gereja Agar Dikembalikan

Jemaat Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat yang beribadah di Gereja Tugu, Cilincing, Jakarta Utara, meminta bentuk gereja dikembalikan seperti semula. Setelah direnovasi oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta, gereja yang termasuk bangunan cagar budaya itu justru mengalami perubahan dari bentuk semula.

Keinginan jemaat itu disampaikan oleh Retha Ticoalu (63), mantan anggota Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHMJ), Kamis (22/7). Gereja yang sudah berusia 262 tahun itu setelah direnovasi justru terlihat lebih ramping dan bumbungan atap di pintu masuk mengalami penurunan yang terlihat nyata. Perubahan bentuk bangunan itu telah melanggar Peraturan Daerah DKI Jakarta No 9 Tahun 1999.

“Dulu ujung atap cukup lebar sehingga dari depan gereja terlihat gagah. Sekarang ujung atap itu dipotong cukup pendek sehingga gereja terlihat ramping dan tampias saat hujan,” kata Retha yang saat gereja dipugar pada tahun 2009 masih menjabat sebagai anggota PHMJ.

Menurut Retha, selama proses renovasi PHMJ tidak pernah diajak urun rembuk. “Lucu, yang namanya renovasi itu diperbaiki bukan dikurangi. Setelah direnovasi, sisa genteng lama yang tidak terpakai banyak sekali.”

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara Nanny Ophir mengakui adanya perubahan bentuk gereja. “Renovasi itu dilakukan oleh kontraktor yang dipilih secara lelang oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Anggarannya sebesar Rp 500 juta.”

Nanny mengatakan, telah empat kali mengadakan rapat bersama Dinas Pariwisata dengan kontraktor yang bersangkutan. “Kontraktor itu sudah menyatakan kesanggupannya di atas kertas bermeterai akan mengembalikan gereja ke bentuk semula,” tegas Nanny.(ARN)

(Kompas, Jumat, 23 Juli 2010)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: