Oleh: hurahura | 15 Agustus 2011

Dua Makara Ditemukan di Muaro Jambi

TIMBUKTU HARTHANA – Candi Muaro Jambi

kompas.com, Rabu, 10 Agustus 2011 – Pengupasan gapura kuno di situs arkeologi Muaro Jambi menghasilkan temuan baru berupa dua makara atau profil bangunan mirip arca. Temuan makara ini diduga kuat sebagai bagian dari kompleks Candi Kedaton, di kawasan situs Muaro Jambi, Jambi, Selasa (10/8).

Humas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jambi Agus Widiatmoko, Rabu (10/8/2011), mengatakan, pihaknya sedang melaksanakan pengupasan struktur bangunan bata yang selama ini telah dipenuhi lumpur dan tanaman liar. Struktur bangunan yang berada di sisi utara Candi Kedaton itu diduga merupakan gapura bangunan induk.

Ketika pengupasan berlangsung, tim menemukan sebuah benda mirip arca dari batu sungai sekitar pukul 08.30. Setelah pengupasan terus dilakukan hingga memakan hampir 2 jam, baru diketahui benda setinggi 1 meter itu adalah makara, yaitu profil mirip arca yang lazim dibangun pada gapura.

“Kami masih terus mengupas temuan ini,” ujar Agus. Pihaknya menduga masih akanbanyak temuan lainnya di kompleks ini, mengingat ada sekitar 80-an struktur arkeologi dalam kawasan tersebut masih tertimbun lumpur dan tanaman liar.

Pengupasan dan pemugaran sangat diperlukan sebagai upaya penyelamatan peninggalan sejarah peradaban Buddha sejak Abad VII-XIV ini. Candi Kedaton berjarak sekitar 2 kilometer dari kompleks utama situs Muaro Jambi.

Pengupasan di kompleks ini merupakan proyek ketiga. Sejak tahun 2009, BP3 dua kali memugar bangunan induk. Seluruh rangkaian pengerjaan di kompleks Kedaton ditargetkan selesai empat tahun ke depan.

Iklan

Responses

  1. selama ini kita sering mendengar sejarah sriwijaya itu dari kabar jin yang gak nyambung dengan kebenaran… 🙂
    pesan saya cuma 1 kupas habis sejara keraja’an sriwijaya jgn di simpan atau di tutup-tutupi kebenarannya,karna ceritanya masih simpang siur kebenaran y…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori