Oleh: hurahura | 28 Juli 2010

Bocor, Puncak Candi Borobudur Akan Direstorasi

Magelang – Karena terjadi kebocoran di stupa utama Candi Borobudur yang berada di puncak candi Buddha itu maka perlu segera direstorasi agar tidak terjadi keausan di bebatuan candi, kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Pujo Suwarno di Magelang, Minggu (25/7).

Kebocoran itu diketahui ketika hujan mengguyur candi tersebut, air tidak langsung meresap ke bawah, namun justru muncul keluar di antara bebatuan stupa candi. Karena tidak meresap ke bawah maka akan terjadi penggaraman, yakni proses kimia antara air dan batu yang menyebabkan batu menjadi aus sehingga mengurangi ketahanan bebatuan candi.

“Untuk restorasi itu kami belum tahu pasti kapan akan dilaksanakan. Kami akan menggunakan anggaran tahun 2010,” katanya.

Mekanisme teknis pelaksanaan restorasi harus sesuai aturan. Penggunaan anggaran pemerintah lebih dari Rp 50 juta harus menggunakan rekanan atau lelang, padahal untuk melakukan restorasi itu memerlukan keahlian khusus.

“Keahlian khusus itu saat ini hanya dimiliki oleh Balai Arkeologi berarti harus dengan penunjukan langsung. Sementara untuk rekanan saya kira belum ada yang mempunyai keahlian seperti itu,” ujarnya.

Bila restorasi dilaksanakan, pengunjung hanya bisa naik Candi Borobudur hingga lantai ketujuh, sedangkan lantai delapan hingga sepuluh akan ditutup untuk umum. Pujo menjelaskan dalam upaya pelestaraian Candi Borobudur, TWCB mewacanakan ada waktu jeda bagi pengunjung naik ke lantai candi untuk memberi waktu pada petugas kebersihan melakukan tugasnya.

“Kami selalu melakukan itu setiap hari pada waktu tertentu. Ada jeda satu jam kawasan atas candi tidak ada pengunjung. Itu kesempatan kami untuk membersihkan candi,” katanya. (djo)

(Sinar Harapan, Selasa, 27 Juli 2010)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori