Oleh: hurahura | 22 September 2010

Ditemukan, Kompleks Kubur Peti Batu

Kompas, Rabu, 22 September 2010 – Sebuah kompleks kubur peti batu yang diduga berasal dari zaman megalitikum ditemukan warga dan aparat Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Masyarakat setempat menyebut kubur tersebut sebagai makam orang Kalang, masyarakat nomaden yang mengasingkan diri dengan tinggal di perbukitan.

Kompleks kubur itu berada di Bukit Pontang, Pegunungan Kendeng Utara, di wilayah hutan perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Cepu, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari kota Blora dan berada di ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan air laut.

Kubur yang terbuat dari lempengan-lempengan batu pipih itu terdiri dari lantai, empat dinding batu, dan tutup. Panjang kubur itu 2,5 meter dan lebarnya 1 meter. Kubur tersebut membujur timur-barat, bukan seperti layaknya kubur biasa yang membujur utara-selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (DKPPO) Kabupaten Blora Pudyatmo, Selasa (21/9) di Blora, mengatakan, temuan ini merupakan temuan kedua. Temuan pertama pada 1934. Waktu itu, kubur yang ditemukan hanya satu kompleks yang terdiri dari enam kubur.

Berdasarkan hasil penelusuran terbaru, ada satu kompleks kubur yang berjarak sekitar 500 meter dari kompleks kubur temuan lama. Di kompleks tersebut terdapat tiga kubur dan salah satunya masih utuh.

Kepala Bidang Kebudayaan DKPPO Kabupaten Blora Suntoyo mengemukakan, kubur peti batu itu sangat unik. Materi kubur terbuat dari batu-batu tipis, sedangkan pemakaman mayat diarahkan dengan kepala ke arah timur dan kaki ke barat. (HEN)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori