Oleh: hurahura | 22 Juni 2017

Menurut Kitab Kuno Nagarakretagama, Gajah Mada Beragama Buddha, Bukan Islam

Harry-03Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Dr. Harry Widianto (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Benarkah Gajah Mada beragama Islam sebagaimana viral di media sosial? Agus mempertanyakan apa dasarnya. Menurut data tertulis dipercaya Gajah Mada beragama Buddha. Kitab Nagarakretagama menyebutkan setelah pensiun, Gajah Mada dihadiahi tanah Kasogatan (Kebuddhaan) yang bernama Madakaripura. Saat ini Madakaripura terkenal sebagai objek wisata air terjun di sekitar Pasuruan-Ponorogo.

Sejak lama memang nama Gajah Mada sering disebut karena makamnya ada di mana-mana, seperti Lamongan, Lampung, dan Buton. Bahkan ada di Jawa Barat. Sayangnya metode yang digunakan adalah metode wangsit.

Jadi menurut Agus, untuk melakukan penelitian harus diperhatikan data. “Kita harus menguasai banyak data. Setelah itu data empirik, artinya data itu bisa dibuktikan oleh peneliti lain. Bukan bersifat klenik. Yang penting memperhatikan konteks, jangan sepotong-sepotong.


Beda tafsir

Menurut Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan yang juga ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia, klaim kerajaan Islam Majapahit tidak berdasar. Literatur apa yang digunakan penulis buku itu pun, dipersoalkan Hilmar. “Kalau tafsir bendanya sama, datanya berbeda. Kalau ini, bendanya beda, jadi cuma bikin lontaran.Perdebatan harus didukung oleh bukti sebagaimana prosedur ilmiah,” kata Hilmar.

Hilmar-01

Dr. Hilmar Farid (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Dalam kasus buku itu, menurut Hilmar, pengajuan bukti tidak sepadan. Kacau antara fiksi dan fakta. Yang membedakan lainnya, penmulis itu berdasarkan keyakinan. Padahal kalau penelitian harus berdasarkan keraguan.

Menurut Hilmar, dua kejadian seperti di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, yakni Candi Borobudur dan Kerajaan Majapahit dari masa Islam, juga terjadi di India. “Di sana apa-apa dianggap Hindu,” kata Hilmar memberi contoh. (Djulianto Susantio)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: