Oleh: hurahura | 3 Maret 2012

Padi berasal dari satu nenek-moyang

bbcindonesia.com, 3 Mei 2011 – Para ilmuwan menemukan informasi baru tentang asal padi, salah satu bahan makanan pokok paling penting di dunia saat ini.

Penelitian tentang genom atau keseluruhan informasi keturunan organisme mengisyaratkan tanaman ini hanya satu kali didomestikasikan (dijadikan tanaman rumah tangga), bukannya beberapa kali di sejumlah tempat yang berbeda.

Puluhan ribu varitas padi telah dikenal, tetapi tanaman ini hanya diwakili dua sub-spesies yang berbeda.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal PNAS (Penerbitan Akademi Ilmu Alam Amerika Serikat) mengusulkan padi pertamakali dikembangkan di Cina sembilan ribu tahun lalu.

Teori lain mengusulkan dua sub-spesies besar padi – Oryza sativa japonica dan O. sativa indica – didomestikasikan secara terpisah pada sejumlah tempat yang berbeda di Asia.

Pandangan ini didukung kuat pengamatan perbedaan genetika besar diantara dua sub-spesies, disamping sejumlah usaha untuk merekonstruksikan kembali sejarah evolusi tumbuhan ini.
Japonica dan Indica

Japonika adalah jenis padi yang lengket dan berbulir kecil, sementara indica adalah padi yang tidak lengket dan berbulir panjang.

Dalam penelitian terbaru, tim internasional mengkaji kembali sejarah evolusi dengan menggunakan data genetika.

Para peneliti menggunakan logaritma komputer dan menyimpulkan japonica dan indica asalnya satu karena memiliki hubungan genetika yang lebih dekat diantara mereka dibandingkan dengan spesies padi mana pun di Cina dan India.

Mereka kemudian menggunakan teknik “jam molekul” untuk mengetahui tahapan waktu evolusi padi.

Data yang didapat menunjukkan padi mulai didomestikasikan sekitar 8.200 tahun lalu. Kajian ini mengisyaratkan sub-spesies japonica dan indica mulai terpisah sekitar 3.900 tahun lalu.

Tim ini memandang hal itu sejalan dengan bukti arkeologi tentang domestikasi padi di lembah Yangtze di Cina sekitar 8.000 sampai 9.000 tahun lalu dan domestikasi padi di kawasan Gangga, India, sekitar 4.000 tahun lalu.

Iklan

Responses

  1. nice psoting gan…… i like it…!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori