Oleh: hurahura | 13 Agustus 2010

AS Kembalikan Artefak Italia

Euphronios Krater adalah satu di antara artefak yang akan dikembalikan

Sebuah museum seni di New York, Amerika Serikat, mencapai kesepakatan dengan Departemen Kebudayaan Italia untuk mengembalikan barang-barang kuno Italia, yang menurut negara itu diselundupkan keluar dari Italia.

Metropolitan Museum of Art di New York akan mengembalikan enam artefak, termasuk sebuah vas Yunani berumur 2.500 tahun.

Sebagai imbalannya, Italia akan meminjamkan artefak-artefak antik bagi museum tersebut untuk jangka panjang.

Menteri Kebudayaan Italia Rocco Buttiglione dan kepala museum Philippe de Montebello menanda tangani kesepakatan Selasa ini, demikian menurut para pejabat Italia.

Pihak berwenang Italia selama beberapa bulan belakangan berupaya mengembalikan berbagai peninggalan kuno yang menurut mereka dibawa keluar negara itu secara ilegal.

Tanggal 2 Februari lalu, museum tersebut mengumumkan akan mengubah sertifikat kepemilikan artefak-artefak itu bagi Italia setelah mendapat bukti-bukti dari pihak berwenang Italia mengenai asal barang-barang tersebut.

Keenam peninggalan kuno yang akan dikembalikan termasuk Euphronios Krater, sebuah vas dihiasi lukisan indah, yang merupakan salah satu barang paling berharga museum tersebut, serta “harta karun Morgantina”, koleksi barang-barang perak dari Sisilia dari abad ke-3.

Objek-objek kuno lain yang akan dikembalikan termasuk barang-barang tembikar Yunani dari antara abad ke-5 dan ke-3 sebelum Masehi.

Bulan Oktober 2005, Museum J Paul Getty di Los Angeles sepakat untuk mengembalikan tiga artefak kuno yang diduga dicuri dari Italia.

Tim jaksa penuntut Italia mendakwa kurator Museum Getty Marion True dengan melakukan konspirasi untuk menerima barang-barang curian dan menerima benda-benda arkeologis secara ilegal.

(bbcindonesia.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori