Oleh: hurahura | 30 Juni 2010

Museum dan Para Kolektor

Barang antik, bisnis yang menggiurkan. Berbicara tentang era 1980-an, masa keemasan bisnis barang antik di negeri ini, arkeolog Ayatrohaedi melukiskan kegiatan itu “mirip wabah penyakit.”

Tapi inilah era 2000-an, ketika patung Tadulako dari zaman neolitik (500 SM), misalnya, dibanderol pada angka Rp 159 juta—setara dengan harga sedan Honda City paling anyar. Harga patung sebesar pembungkus rokok dari zaman perunggu kini bisa lebih mahal daripada motor bebek terbaru. Semakin lawas dan unik, makin tinggi pula harganya. Tak aneh, satu setengah tahun lalu, Menteri Agama Said Agil Husin al-Munawar yang berhasrat melunasi utang negara itu tergiur hendak menggali Prasasti Batutulis di Bogor.

Menggiurkan, tapi tak semua orang berjodoh dengan lahan yang satu ini. Tyas Widuri, pemilik Galeri Dharma Mulia, Ciputat, Tangerang, terbilang mujur. Sayap galerinya pernah mengepak ke berbagai hotel mewah. Royal Treasure Art Shop pernah berdiri di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Dharma Antique Art Shop manggung di Hotel Hilton Jakarta. Ada pula cabang yang berdiri di Hotel Shangri-La Jakarta. Kini semua anak usaha itu ditutup karena habisnya masa kontrak tempat. Royal Treasure ditutup setahun lalu. Sedangkan Dharma Antique baru dua bulan silam. Kini hanya tersisa Antiquities Gallery di Legian, Denpasar, Bali.

Meski yang tersisa tinggal dua ruang pamer koleksi, Galeri Dharma Mulia terbilang lumayan. Ratusan benda antik dari batu, kayu, emas, perunggu, dan kain masih tersimpan rapi. Pasokan dari berbagai daerah masih mengalir. Kadang harus berburu ke daerah yang dikenal sebagai surga barang antik seperti pedalaman Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan sebagian wilayah Jawa. Bisa jadi perburuan panjang hanya mendapatkan benda kembaran atau dari masa yang sama dengan koleksi museum. Corak patung batu kapur Man and Women in Love tidak hanya dikoleksi Dharma Mulia. Patung dari masa yang sama dan berbahan sejenis sudah dikoleksi Museum Nasional Indonesia.

Beberapa benda purbakala yang dipamerkan itu sebenarnya banyak memiliki padanan. Terutama koleksi dari zaman Majapahit. Tak khawatir terjerat undang-undang benda cagar budaya? “Yang kita lakukan atas sepengetahuan Dinas Purbakala,” kata Novelis Agung, sarjana arkeologi Universitas Gadjah Mada. Termasuk izin menyelenggarakan pameran Sex and the City, Erotic Art in Indonesia 13th-20th dari Dinas Purbakala Tangerang selama sebulan.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya menyebut definisi benda cagar budaya: benda yang berusia 50 tahun lebih, memiliki arsitektur unik di zamannya, dan memiliki ciri khas pada zamannya. Dan siapa saja berani coba-coba membawa, memindahkan, mengambil, mengubah bentuk, memugar, atau memisahkan benda cagar budaya tanpa izin pemerintah akan dipidana selama-lamanya 10 tahun penjara atau denda setinggi-tingginya Rp 100 juta. “Kalau melihat aturan ini, benda di pameran itu termasuk cagar budaya,” kata Ayatrohaedi.

Ada aturan ketat, ada pula celah transaksi. Jika museum negara sudah memiliki koleksi benda purbakala dari semua masa, benda dari masa itu boleh dikoleksi orang per orang. “Termasuk melakukan transaksi jual-beli,” kata guru besar arkeologi Universitas Indonesia ini. Apalagi, kata Ayatrohaedi, Museum Nasional Indonesia sudah memiliki seluruh koleksi benda purbakala yang mewakili setiap generasi dari semua masa.

(majalah.tempointeraktif.com)


Responses

  1. Om,saya mempunyai koleksi kapak perimbas (kapak batu),ujung potongan Yoni,dan aneka fosil purbakala (tanaman & binatang) kalo mungkin ada yg berminat bisa menghubungi saya di 088806500335,tx

  2. Klau ada yg mnat dgn patung saya hub 08127844417mmksh

  3. Dear Friend..aku ada patung perunggu Seorang Noni Belanda Yg Bertuliskan Di Telapak Bawah Kakinya : N:V: F.W.BRAATS KON FABR DELFT.HOLLAND
    Bagi siapa yang mengertu bs menghubungiku via WA 089646639254 Vandara.

  4. Nama saya Darmadi Rahmat. Tinggal di Sumatera barat….Pariaman…Dengan ini saya sampaikan bahwasa-nya saya telah menemukan benda Purbakala…dgn jenis Kapak genggam/kapak perimbas…( hubungi saya di — 082284926297…*-Thank’s…

  5. saya punya patung emas gambar raja dan ratu duduk berdampingan di singgasana, minat kontak.. hp. 085 253 098 199


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori