Oleh: hurahura | 3 November 2010

Abu Merapi Dapat Lapukkan Borobudur

KOMPAS, Senin, 1 Nov 2010 – Abu letusan Gunung Merapi menyelimuti Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Abu tersebut dapat melapukkan batu Candi Borobudur karena mengandung asam tinggi sehingga harus dibersihkan.

Konservator Balai Konservasi Borobudur, Nahar, Minggu (31/10) di Magelang, mengatakan, Candi Borobudur terkena debu Gunung Merapi hari Kamis (28/10). Tingkat ketebalan debu pada permukaan dan celah-celah batu beragam, antara 1-2 sentimeter. Abu itu mengandung asam dengan tingkat keasaman (pH) 4-5. Akibat hujan dua hari terakhir, pH abu turun menjadi 6 atau mendekati tingkat keasaman normal pH 7.

“Pembersihan dilakukan dalam dua tahap, penyapuan dan penyemprotan air. Kami telah menyapu dan mengumpulkan abu itu. Total sejumlah 56 ember seberat 728 kilogram,” katanya.

Nahar menambahkan, tahap penyemprotan sudah selesai 80 persen. Menurut dia, dibutuhkan waktu sepekan lagi untuk membersihkan abu vulkanik tersebut.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Purnomo Siswoprasetjo mengemukakan, Candi Borobudur belum dapat dibuka sepenuhnya. Hanya bagian tertentu yang bisa dikunjungi, seperti kompleks Arupadathu. “Kompleks candi akan dibuka seluruhnya jika pembersihan telah rampung,” katanya.

Purnomo mengatakan, pascaletusan Gunung Merapi jumlah pengunjung Candi Borobudur dan Prambanan menurun 30 persen. Dia berharap tingkat kunjungan segera normal mengingat Borobudur dan Prambanan bukan daerah membahayakan.

Secara terpisah, Direktur Obyek Wisata Puncak Ketep Santosa mengatakan, jumlah pengunjung Ketep berkurang hampir 50 persen, dari 2.638 orang menjadi 1.473 orang, pada hari Minggu pasca-letusan.

“Wisatawan mancanegara juga berkurang dari rata-rata 100 orang menjadi 40 orang per minggu,” kata Santosa. Puncak Ketep merupakan kawasan wisata gardu pandang di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang, sekitar 11,3 kilometer dari Gunung Merapi.(HEN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: