Oleh: hurahura | 13 Agustus 2010

Batuan Carnac, Situs Wisata Neolitik di Prancis

Deretan Batu Carnac Kerlescan

mediaindonesia.com, Rabu, 11 Agustus 2010 – CARNAC adalah sebuah desa kecil di wilayah Brittany, Barat Laut Prancis. Meskipun kecil, ini adalah rumah bagi Batuan Carnac, sebuah sistem batuan prasejarah dan situs wisata yang berusia lebih dari 3.000 tahun.

Batuan Carnac yang menjadi salah satu lokasi wisata era Neolitik di Prancis dipahat dari batu lokal dan didirikan oleh masyarakat pra-Celtic Brittany. Batuan Carnac terdiri dari batu berdiri tunggal (menhir) dan kelompok bebatuan (dolmen).

Ada dua kelompok utama bebatuan di Carnac yang dikenal sebagai Menec dan Kermario. Selanjutnya kelompok yang lebih kecil berada di sekitar kawasan termasuk Kerlescan dan Petit Menec.

Kelompook Menec merupakan 12 barisan konvergen menhir yang merenggang lebih dari satu kilometer dengan sisa-sisa lingkaran batu di kedua ujung. Batu terbesar mempunyai ketinggian sekitar 4m tinggi. Sedikit ke arah timur, Anda akan menemukan kelompok bebatuan Kermario.

Megalit-megalit ini didirikan selama periode Neolitik yang berlangsung dari 4500-2000 SM. Sekitar 3.300 SM adalah tanggal yang paling sering diperkirakan untuk fase utama kegiatan situs ini, tetapi beberapa megalit mungkin tertanggal awal 4.500 SM.

Salah satu interpretasi dari situs ini adalah bahwa generasi berikutnya mengunjungi situs dan mendirikan batu-batu untuk menghormati nenek moyang mereka.

Situs ini buka setiap hari. Pada bulan April-September, situs dapat dikunjungi dengan panduan tur selama 1 jam. Sementara pada bulan Oktober-Maret, situs ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat.

Biaya mengunjungi situs ini selama bulan April-September, 4 euro (sekitar Rp47 ribu) untuk dewasa dan 3 euro (sekitar Rp35 ribu) untuk pengunjung di bawah usia 24 tahun. Bila datang pada bulan Oktober-Maret, Anda tidak dikenakan biaya.(*/X-12)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori