Oleh: hurahura | 30 Januari 2011

Rusuh Mesir, Mumi Firaun Jadi Sasaran Penjarah

wartakotalive.com, Sabtu, 29 Januari 2011 – Demonstrasi antipemerintah yang meruyak di berbagai sudut Kairo, ibu kota Mesir, mengundang perusuh pula. Museum Mesir, yang mengoleksi ribuan jenis peninggalan masa lalu, dijarah massa. Dua mumi firaun hancur jadinya.

Massa pada Jumat malam kemarin semula menyasar kantor pusat Partai Demokratik Nasional, partainya Presiden Husni Mubarak. Kantor DPP itu dibakar. Sampai Sabtu pagi tadi api masih menyala. Museum yang berdekatan dengan kantor itu pun jadi sasaran.

Massa sudah mengepung museum itu, bahkan sebagian sudah mulai berupaya menjebol pintu. Namun, upaya massa untuk masuk ke museum secara masif berhasil digagalkan oleh tentara dan polisi.

Hanya saja, banyak orang berhasil molos ke dalam museum melalui atap. Menurut direktur Museum itu, Zahi Hawass, Sabtu siang, penjarah berhasil membawa kabur sejumlah barang antik. Dia masih belum tahu barang antik apa saja yang sudah digondol penjarah. Di museum itu disimpan banyak sekali benda yang tak ternilai harganya yang terbuat dari emas dari zaman Mesir kuno.

Gedung museum dua lantai buatan tahun 1902 itu mengalami kerusakan, meski tidak parah. Menurut Zahi Hawass, kerusakan yang amat disayangkan menimpa mumi (mayat yang diawetkan) dua firaun Mesir yang sudah berumur ribuan tahun. “Mumi itu hancur,” katanya. (put)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori