Oleh: hurahura | 27 Agustus 2010

Kerangka Manusia Purba Diangkat dari Sumur Gua

Era Baru News, Rabu, 25 Agustus 2010 – Kerangka seorang anak dari masa prasejarah dikeluarkan dari gua bawah air di Mexico. Kerangka tersebut berhasil dikeluarkan setelah sejumlah penyelam secara kebetulan menemukan kerangka tersebut empat tahun silam.

Kerangka dan menawarkan petunjuk migrasi manusia purba itu terpelihara dengan baik.

Kerangka anak kecil itu, dinamakan Young Hol Chan. Kerangka berusia lebih dari 10.000 tahun, termasuk tulang-belulang manusia paling tua yang ditemukan di benua Amerika.

Kerangka tersebut ditemukan pada 2006 oleh pasangan penyelam gua dari Jerman yang melakukan eksplorasi lubang akibat peristiwa unik, tanah amblas setelah banjir, yang dikenal sebagai “cenote”. Sebuah budaya yang lazim di negara bagian Quintana Roo, Mexico timur.

Beberapa ilmuwan memerlukan waktu tiga tahun untuk mempelajari kerangka di tempat mereka terbaring sebelum memutuskan bahwa aman untuk membawa kerangka itu ke permukaan guna studi lebih lanjut.

Pengangkatan tersebut dikoordinir oleh Lembaga Nasional urusan Antropologi dan Sejarah Mexico. Lembaga yang mengkoordinasikan studi tentang migrasi manusia purba ke Mexico timur yang bertujuan memperdalam pemahaman tentang pergerakan manusia di seluruh Selat Bering pada akhir Musim Es terakhir.

Young Hol Chan, yang namanya diambil dari sumur tempatnya berada, ditemukan di gua gelap 8,3 meter di bawah permukaan air.(ant/snd)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori