Oleh: hurahura | 2 Agustus 2010

PM Abhisit Imbau Warga Thailand Dukung Candi Kuno

Candi Kuno Preah Vihear

Era Baru News – Senin, 02 Agustus 2010

Bangkok (1/8) – Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva, Ahad mengimbau kepada rakyatnya agar mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pengkajian detil sengketa candi kuno Preah Vihear, untuk menunjukkan kepada badan kebudayaan PBB.

Dia menyatakan terima kasih kepada masyarakat atas sikap mereka menyintai kedaulatan Thailand, yang menurutnya membuat Komisi Warisan Dunia (WHC) UNESCO menunda menerima rencana Kamboja untuk menguasai Preah Vihear.

Abhisit mengatakan dalam pidato mingguan di TV dan radio bahwa pemerintahnya akan bekerja keras pada tahun mendatang untuk memprotes tindakan-tindakan Kamboja itu.

Abhisit mengundang rakyat Thailand untuk bergabung dalam mempelajari masalah itu dengan pemerintahnya, dan menyerahkan hasil penemuan mereka kepada UNESCO dan para anggota komite warisan.

WHC Kamis menyepakati untuk menunda menyetujui rencana Khmer untuk mengelola candi tua itu sampai tahun depan, ketika pihaknya bertemu di Bahrain setelah Thailand mengancam akan meninjau kembali keanggotaan dan banyak warga berkumpul di kantor UNESCO Bangkok.

Candi Preah Vihear diberikan kepada Kamboja oleh Mahkamah Pengadilan Internasional pada 1962.

UNESCO memilih candi itu sebagai situs Warisan Dunia pada 2008, setelah Kamboja mengajukan untuk mendapatkan status tersebut, yang ketika itu mendapat dukungan Thailand.

Candi purba itu terletak di atas Pegunungan Dangrek, sekitar 150 mil di utara ibu kota Kamboja.

Untuk mencapai candi tersebut harus melalui jalan di bagian timur dari wilayah perbatasan Thailand.

Seraya menyatakan kepuasannya dengan penundaan status itu sampai tahun depan, Abhisit mengatakan, kerumitan masih ada yang menimbulkan tuduhan-tuduhan dan sengketa antar masyarakat di Thailand yang bisa menguntungkan Kamboja.

Abhisit mengatakan, pemerintahnya juga akan menghimpun platform yang membuat masalah itu akan dibahas, dan tidak akan berpengaruh pada upaya-upaya pemerintah Thailand dalam kaitannya dengan perlindungan kedaulatan Thailand.(ant/snd)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori