Oleh: hurahura | 19 Mei 2010

Indonesia Usul Hari Museum Nasional

Rabu, 19 Mei 2010 – JAKARTA, KOMPAS.com–Direktorat Museum Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI akan mengusulkan kepada Dewan Museum Internasional tentang Hari Museum Indonesia pada pertemuan di Shanghai, China, pada Oktober 2010.

“Rencananya pada pertemuan dengan Dewan Museum Internasional (ICOM) di Shanghai, Indonesia akan mengusulkan Hari Museum Indonesia pada tahun 2011,” kata Direktur Museum Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kembudpar Dra Intan Mardiana Napitupulu kepada pers di Jakarta, Selasa.

Intan menjelaskan, Indonesia adalah salah satu dari 152 negara yang menjadi anggota Dewan Museum Internasional tersebut, sehingga harus mengikuti standar museum yang ada.

“Museum di Indonesia harus mengikuti standar yang diberikan oleh ICOM sebagai Dewan internasional,” katanya.

Kembudpar mencanangkan Tahun Kunjungan Museum (TKM) pada tahun 2010 ini. Menurut Intan, TKM 2010 merupakan permulaan dari Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) yang dilaksanakan selama lima tahun (2010-2014).

“Gerakan Nasional Cinta Museum adalah permulaan dari Tahun kunjungan Museum yang dicanangkan pada tahun 2010,” kata Intan.

Intan menceritakan salah satu kegiatan dalam program GNCM adalah merevitalisasi 89 museum yang ada di 33 provinsi di Indonesia.

“Pada tahun 2010 ini kita mulai dari empat museum di daerah, 28 di seluruh provinsi dan 5 upt pemerintah,” kata Intan.

Intan menjelaskan semakin menurunnya jumlah pengunjung museum disebabkan oleh pengelolaan museum yang tidak maksimal karena berbagai kendala. Misalnya saja minimnya tenaga ahli, tata kelola museum, hingga pengaturan tata letak koleksinya.

“Pengunjung museum saat ini hanya sekitar 3-4 persen penduduk indonesia, sehingga saat ini kami (Kembudpar) sedang menyusun acuan, seperti standar SDM, fisik dalam display, interior museum dan tata kelola museum agar lebih baik,” kata Intan.

Intan optimis bahwa lima tahun ke depan museum-museum di Indonesia akan berubah dan pengunjungnya jauh lebih banyak.

“Saya percaya hingga lima tahun ke depan seluruh museum di Indonesia akan menjadi jauh lebih baik dan memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak, katanya.

Menurutnya, jumlah pengunjung museum akan bertambah, asal pengelola museum lebih memperhatikan kualitas museum terlebih dahulu dibandingkan kuantitas pengunjung. “Revitalisasi tidak pada kuantitas tapi juga pada kualitas”, kata Intan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori