Oleh: hurahura | 25 April 2011

Arca Buddha Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Ditemukan di Kebun Sayur

wartakotalive.com, Minggu, 24 April 2011 – Warga Dusun Muarasiban, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Minggu (24/4), menemukan patung Buddha yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar 10 centimeter.

“Patung ini diperkirakan peninggalan dari masa Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di ladang kebun sayur milik Arkon dengan kondisi tertimbun tanah. Selain patung, juga ditemukan sebuah koin perunggu bergambar dalam keadaan rusak akibat berkarat,” kata Burlian, warga setempat.

Menurut dia, patung dan koin perunggu tersebut ditemukan di ladang sayur milik Arkon. “Kebetulan saat mencangkul secara tidak sengaja membentur benda keras, setelah dilihat secara teliti ternyata patung Buddha berukuran 10 centimeter terbuat dari perunggu,” ujarnya.

Kalau dilihat dari bentuknya, katanya, patung Buddha itu menggambarkan seseorang sedang bertapa lengkap dengan pakaian kebesaran sebagai seorang tokoh pengikut ajaran Buddha. “Kepala pada patung itu pelontos, mata agak sipit, dan dengan posisi tangan bertada di depan dada, serta memiliki kedua telinga yang panjang,” ujar Burlian.

Menurut Burlian, patung itu mempunyai selendang serta jubah lengkap melilit seluruh badan dengan warna kuning kemerahan.

“Sebelumnya juga ditemukan sebuah koin yang memiliki warna agak gelap, di lokasi penemuan itu tapi tidak dalam satu tempat,” kata dia.

Peneliti Balai Arkeologi Palembang, Kristantina, menyatakan di Pagaralam cukup banyak ditemukan peninggalan sejarah, seperti arca, patung, dan berbagai benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya lainnya.

“Wajar kalau cukup banyak ditemukan benda bersejarah, hal itu sebagai bukti jika Kota Pagaralam merupakan salah satu daerah peninggalan Kerajaan Sriwijaya,” ujar dia.

Menurut dia, penemuan patung Buddha dan koin itu, menjadi bukti peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan diperkirakan umurnya sudah mencapai ribuan tahun. (Antara/ink)


Responses

  1. maaf saya mau tanya adakah tim khusus yg di terjunkan untuk mencari keberadaan pasti dari kerajaan sriwijaya???
    kalau ada saya ingin berdiskusi tentang letak kerajaan sriwijaya
    tlng hubngi saya di 087898339234

  2. Biasanya arkeolog dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional (di pusat) dan Balai Arkeologi Palembang (di daerah) yang melakukan penelitian demikian…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 1.949 pengikut lainnya.