Oleh: hurahura | 24 Juli 2010

Ditemukan Situs Persembahan Nyawa Manusia

Oleh: Hermanto – Okezone

Peneliti Maria Del Pilar Fortunic melihat tembok yang dibangun pada masa prasejarah Kolombia, di pulau San Lorenzo (Foto: Reuters)

PERU – Situs kuno yang digunakan pada masa prasejarah Kolombia untuk pengorbanan manusia, telah ditemukan di pantai utara Peru.

Penemuan ini mendukung teori sebelumnya mengenai upacara yang dikenal “persembahan” yang dilakukan oleh Suku Moche, masyarakat petani yang berkembang pada tahun 100 SM dan 800 M.

Direktur Bruning Museum Carlos Wester La Torre di Peru dan juga menjadi pimpinan penggalian mengatakan, dulu di situs upacara tersebut tampaknya dijalankan ritual pembunuhan para tawanan perang.

Foto yang diambil pun menunjukkan tulang belulang manusia yang diperkirakan lebih dari selusin berserakan di lantai aula situs itu.

“Terdapat aula upacara yang besar dan jalan masuk yang terhubung dengan arsitektur yang menunjukkan keberadaan petinggi Moche dan juga praktik ritual kompleks seperti pengorbanan manusia,” ujar Wester seperti dilansir Reuters, Jumat (23/7/2010).

Tim yang dipimpin Wester menemukan koridor sepanjang 70 meter yang terhubung dengan pilar dan lima kursi tahta.

“Sisa-sisa gambar yang ditemukan dalam koridor menggambarkan tiga imam tinggi yang menegaskan keterlibatan kepemimpinan budaya politik dalam upacara tersebut,” katanya.

Peru diyakini sebagai salah satu di mana agrikultur pertama kali dikembangkan dan telah memiliki ratusan situs arkeologi kuno, termasuk reruntuhan Kota Inca dari suku Machu Piccu.(rhs)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: