Oleh: hurahura | 21 Maret 2012

Peradaban Kuno Terlacak Lewat Satelit

Koran Tempo, Rabu, 21 Maret 2012 – Ilmu mencari jejak dikenal sejak nenek moyang manusia masih hidup berpindah dan berburu. Kini, ilmu ini dipakai untuk menemukan ribuan jejak peradaban manusia di masa lalu.

Peneliti dari dua perguruan tinggi prestisius di Amerika Serikat mengendus jejak peradaban di masa lalu. Mereka menggunakan gambar dari citra penginderaan jauh yang dikumpulkan dari satelit di orbit.

Peneliti memilih kawasan Mesopotamia utara, yang kini menjadi wilayah kekuasaan Suriah, sebagai lokasi penyigian. Mereka menemukan 9.500 jejak peradaban manusia masa lalu pada daerah seluas 23 ribu kilometer persegi.

“Ini merupakan survei arkeologi berbasis citra satelit terbesar yang pernah dilakukan,“ kata peneliti antropologi, Jason Ur, dari Harvard University, dalam siaran pers yang dilansir situs LiveScience. Layaknya kota-kota mandiri yang dibangun pada masa kini, gundukan kecil dibangun membentuk gugusan (cluster) permukiman di tepian utara Bulan Sabit Subur pada tahun 7000 Sebelum Masehi.

Ahli komputer dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory Massachusetts Institute of Technology, Bjoern Menze, mengatakan gundukan tanah sisa peradaban masa lalu belum banyak dipakai dalam pencarian kebudayaan manusia.Karena itu, benjolan di permukaan tanah ini dipakai sebagai kunci penelusuran yang mereka lakukan.

Tanah juga menyisakan jejak peradaban. Manusia yang bermukim di tanah subur akan memperkaya tanah dengan bahan organik dan mengubah butiran tanah menjadi lebih halus dan ringan. Algoritma komputer dipakai untuk mengenali perubahan ini. Pemeriksaan terhadap citra satelit mengantarkan mereka pada lebih dari 14 ribu situs purbakala.

Ketika sebuah permukiman berubah makmur, ukuran gundukan semakin besar. Wilayah permukiman juga semakin luas karena semakin banyak manusia yang tertarik untuk tinggal di wilayah tersebut. ANTON WILLIAM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori