Oleh: hurahura | 23 Oktober 2010

Penjual Fosil Jadi Tersangka

* Fosil Sangiran Akan Dibawa ke AS

KOMPAS, Sabtu, 16 Okt 2010 – Kepolisian Resor Sragen, Jawa Tengah, menetapkan dua tersangka dalam kasus perdagangan fosil Sangiran, yakni Wsn, warga Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dan DBD, warga negara Amerika Serikat.

Keduanya dijerat Pasal 15 Ayat 2 jo Pasal 26 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun dan denda Rp 100 juta.

Hal ini disampaikan Kepala Polres Sragen Ajun Komisaris Besar Ida Bagus Putra Narendra melalui Kepala Subbagian Humas Polres Sragen Ajun Komisaris Mulyani, Jumat (15/10).

Wsn disangka menjual fosil purba yang dilarang diperjualbelikan karena termasuk benda cagar budaya kepada DBD. Tiga orang lainnya yang ditangkap, yakni AN (sopir), Ph (penerjemah), dan Mj (penghubung), kemudian dilepaskan karena statusnya tetap sebagai saksi. “Namun, kami masih terus mendalami kasus ini,” kata Mulyani.

Sehari sebelumnya, polisi meminta 9-10 saksi ahli dari Balai Pelestari Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMPS) untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi barang bukti yang disita. Hasilnya, menurut Konservator BPSMPS, Gunawan, yang menjadi salah satu saksi ahli, ada 637 buah fosil murni, tiga karung fragmen fosil, 565 buah kerajinan yang berbahan fosil, dan ratusan buah suvenir batu.

Fosil murni berasal dari zaman pleistosin tengah atau 700.000 tahun yang lalu, sedangkan fragmen merupakan bagian fosil yang tak bisa diidentifikasi. “Fosil memiliki pori-pori teratur, sedangkan batu tidak,” kata Gunawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas, barang-barang itu akan dikirimkan ke Bali dengan memakai truk untuk selanjutnya dikirim ke Amerika Serikat.(ROW)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: