Oleh: hurahura | 9 November 2010

67 Kitab Kuno Masjid Agung Solo tidak Terawat

Mediaindonesia.com, Jumat, 29 Oktober 2010 – Sebanyak 67 kitab kuno berumur ratusan tahun koleksi Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, dalam kondisi tidak terawat. Takmir masjid mengaku tidak bisa merawat benda bersejarah itu karena kesulitan biaya.

Padahal, tidak sedikit di antara koleksi kitab kuno itu yang bernilai tinggi. Antara lain, Al Quran yang ditulis tangan yang dibuat sekitar tahun 1800-an, kitab berisi kumpulan hadis, dan kitab Ihya Ulumuddin yang menggunakan huruf Arab gundul.

“Kami tidak memiliki biaya untuk merawatnya,” kata Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo Abdul Basyid, Jumat (29/10).

Kitab-kitab kuno tersebut saat ini hanya ditumpuk begitu saja di dalam sebuah lemari kaca yang ditempatkan di ruang perpustakaan masjid. Menurut Basyid, hal itu sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. “Dulu, kitab-kitab itu hanya diletakkan di lantai di dalam masjid,” katanya.

Basyid menyadari, tanpa perlakuan yang tepat lama-kelamaan kitab-kitab kuno tersebut akan rusak,mengingat usianya rata-rata sudah sangat tua.

Dahulu, ujar Basyid, pernah salah satu perguruan tinggi di Solo yang menawarkan kerja sama untuk merawat kitab-kitab warisan para pendiri Masjid Agung. Tetapi, ternyata biaya yang harus dikeluarkan untuk itu sangat tinggi. Akibatnya, rencana kerja sama itu pun kandas. (OL-01)


Responses

  1. takut bidah? 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori