Oleh: hurahura | 26 Desember 2014

Jangan Ulangi Perusakan Trowulan

Sebagian besar kawasan situs Trowulan merupakan bagian dari kota Majapahit sehingga padat peninggalan bersejarah. Kerajaan Majapahit yang berdiri pada abad ke-13 hingga ke-15 merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara. Situs itu mesti dilindungi dari segala tindakan perusakan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Aris Sofiyani membuat laporan polisi di Kepolisian Daerah Jawa Timur karena melihat dugaan pemalsuan surat-surat resmi pejabat pemerintah yang seolah mendukung pendirian pabrik baja di areal dekat situs Trowulan. Sejak 1,5 tahun lalu memang ada rencana pembangunan pabrik baja. Namun, pembangunan pabrik ditentang karena akan mengancam kelestarian Trowulan.

Arkeolog senior Mundardjito mengatakan, di situs Trowulan pernah terjadi dua kasus pembangunan yang merusak, yaitu pembangunan museum pada 1979 dan Pusat Informasi Majapahit pada 2009.

”Jangan sampai kasus serupa terjadi lagi,” katanya di Jakarta, Selasa (23/12).

Menurut Mundardjito, setiap pembangunan fisik di situs harus diperiksa dulu oleh arkeolog. Setelah studi kelayakan, rekomendasi bisa dikeluarkan.

Jika di lokasi pemeriksaan ditemukan peninggalan atau situs bersejarah, pembangunan dihentikan dan dipindahkan ke tempat lain. Khusus untuk kawasan Trowulan yang telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya nasional, pembangunan tidak bisa dilakukan di kawasan situs.


Urusan hukum

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemdikbud Harry Widianto mengatakan, pihak perusahaan baja itu pernah menggugat Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penetapan Satuan Ruang Geografis Trowulan sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional serta mengajukannya ke pengadilan tata usaha negara, tetapi kalah.

”Mereka banding dan kalah lagi. Ini kisah lama, tahun lalu sudah kalah sampai banding. Sekarang, kok, muncul lagi?” kata Harry. Pemerintah akan tetap melindungi mutlak situs itu dengan mengacu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. (IVV/ABK)

(Sumber: Kompas, Jumat, 26 Desember 2014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: