Oleh: hurahura | 25 April 2015

5 Candi Besar Dipugar

Lima kompleks candi besar di Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang dipugar. Kelimanya adalah Candi Sukuh di Kabupaten Karanganyar, kompleks Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Sewu, dan Candi Plaosan. Program ini diharapkan dapat mengembalikan bangunan bersejarah itu sesuai dengan aslinya.

Goetomo, Kepala Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (24/4), menyatakan, pemugaran tersebut untuk mengejar keberadaan kompleks candi menjadi selengkap mungkin sesuai dengan sejarahnya. “Kami berusaha semaksimal mungkin mewujudkan kompleks candi itu seperti pada awalnya meskipun tidak mungkin seratus persen karena sudah banyak batu yang hilang. Yang kami dirikan kembali adalah bangun candi yang masih memiliki jumlah batu yang memadai,” katanya.

Selain melibatkan para ahli, pemugaran juga mempekerjakan para ahli otodidak dari masyarakat setempat. “Ahli-ahli otodidak pencari batu-batu candi ini cukup mengenali batu-batu candi satu per satu dan memperkirakan keberadaan batu dalam struktur bangunan candi. Mereka terbiasa bergaul dengan batu-batu itu,” katanya.

Salah satu yang dipugar adalah Candi Sewu yang berada di dalam kompleks Candi Prambanan di wilayah Yogyakarta. Pemugaran fokus pada candi penjuru yang terletak di empat arah mata angin, yaitu Candi Kulon (barat), Candi Lor (utara), Candi Kidul (selatan), dan Candi Wetan yang disebut sebagai Candi Gana.

“Hanya saja, (dua) candi yang terletak di empat arah mata angin itu, Candi Lor dan Candi Kulon, sudah hancur. Pemugaran candi ini sekarang dalam tahap penyetelan batu-batu,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Kelompok Kerja Perlindungan BPCB Jawa Tengah Sugeng Widodo menyatakan, sebelum pemugaran, setiap candi diteliti secara cermat. “Kami meneliti betul, kemungkinan pemugaran. Artinya, tidak semua candi bisa dipugar,” katanya. (TOP)

(Sumber: Kompas, Sabtu, 25 April 2015)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: