Oleh: hurahura | 26 Juli 2010

Museum Miniatur untuk Kepentingan Militer

Musee des Plans-Relief — en.wikipedia.org

DI Prancis pembuatan miniatur suatu kota atau bangunan penting bukan hanya untuk menjadi salah satu objek wisata menarik. Contohnya di Musée des Plans-Relief yang ada di Hotel des Invalides, berbagai koleksi miniatur di sini awalnya dibuat untuk kepentingan militer.

Semua koleksi miniatur militer ini dinyatakan sebagai monumen sejarah pada 1927, dan museumnya didirikan pada 1943.

Model-model yang bisa Anda lihat di museum ini memberi perhatian khusus pada benteng kota dan fitur topografi seperti bukit, pelabuhan, dan lain sebagainya.

Sekitar 260 rencana-relief yang dibuat antara 1668 dan 1870 mewakili sekitar 150 situs. Sekitar 100 model kini dilestarikan oleh museum dan sekitar 15 koleksinya disimpan di Musée des Beaux-Arts de Lille.

Saat ini, Musée des Plans-Relief menampilkan 28 relief rencana benteng di sepanjang Selat Inggris, Atlantik dan pantai Mediterania, serta Pyrenees.

Musee des Plans-Relief atau museum model militer awalnya didirikan pada 1668 ketika Francois-Michel le Tellier, Marquis de Louvois dan menteri perang untuk Louis XIV, mulai mengkoleksi model tiga dimensi kota-kota berbenteng untuk tujuan militer yang dikenal sebagai plans-relief.

Pada 1700, Louis XIV kemudian menempatkan koleksinya di Louvre. Awalnya model dibangun di lapangan oleh para insinyur militer, tapi pada 1743 dua workshop didirikan untuk konstruksi mereka di Bethune dan Lille.

Sejumlah besar model dibangun selama dan setelah Perang Suksesi Austria (1741-1748) untuk mewakili situs yang baru dikuasai. Koleksi ini diperbarui pada 1754, tetapi kemudian sempat tidak digunakan. Model terakhir yang dibangun di bawah rezim lama adalah Saint-Omer (1758) dan benteng Saint-Philippe aux Baleares (1759).

Tahun 1774, koleksi ini hampir hancur ketika perusahaan galeri Louvre mendedikasikan tempat ini untuk lukisan, tetapi pada 1777 model miniatur militer ini dipindahkan ke Hotel des Invalides.

Di bawah Napoleon, satu set model dibangun untuk penaklukan baru, termasuk Luxemburg (1802), La Spezia (1811), Brest (1811), dan Cherbourg (1811-1813). Produksi ini kemudian dilanjutkan sampai sekitar 1870.

Bila ingin mengunjungi Musee des Plans-Relief, Anda tinggal datang ke Hotel des Invalides di arondisemen 7 Paris, Prancis. Museum ini buka setiap hari kecuali Senin pertama setiap bulannya.

Di musim dingin, museum ini buka mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat sedangkan pada musim panan mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat dengan biaya masuk 8 euro (sekitar Rp92 ribu).(*/X-12)

(mediaindonesia.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori